PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETRAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA GAMBARSISWA KELAS II SDN MANGUNHARJO 4 KOTA PROBOLINGGO
Main Author: | KURNIAWAN, CATUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24909/1/jiptummpp-gdl-caturkurni-37335-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24909/2/jiptummpp-gdl-caturkurni-37335-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24909/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal yang mengindikasikan bahwa hasil ketrampilan menulis deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Mangunharjo 4 Kota Probolinggo masih rendah dan mempengaruhi hasil kemampuan kognitif. Dalam pembelajaran guru menggunakan metode konvensional, sehingga siswamerasa bosan untuk belajar akibatnya mempengaruhi hasil ketrampilan menulis dankemampuan kognitif.Maka perlu diterapkan metode pembelajaran yang mengutamakan peran aktif siswa.Metode Concept Sentence dengan berbantuan media gambar merupakan salah satu metode kooperatifyang mengutamakan peran aktif siswa dan membantu siswa untuk menulis deskripsi dengan penyajian kata kunci berbantuan media gambar. Dengan diterapkan metode Concept Sentence berbantuan media gambarhasil kemampuan kognitif dan ketrampilan menulis deskripsi pada pembelajaran tematik dapat ditingkatkan, penerapan metode Concept Sentence berbantuan media gambar pada pembelajaran tematik berjalan sesuai dengan aturan yang telah dibuat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mangunharjo 4 Kota Probolinggo, dengan subjek siswa kelas II yang berjumlah 30 siswa, dengan perincian 17 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni 2014 dalam dua tahap yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan.Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan data hasil pembelajaran guru, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam dua siklus, masing-masing terdiri dua pertemuan.teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan (1) penerapan metode Concept Sentence dengan berbantuan media gambar dalam pembelajaran tematik di SDN Mangunharjo 4 Kota Probolinggo membuat peserta didik semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran. (2) Penerapan metode Concept Sentence dengan berbantuan media gambar dapat meningkatkan kemampuan kogntif, hasil prosentase ketuntasan pada pra siklus yaitu hanya 46% dan belum tuntas 53%. Siklus I ketuntasan mencapai 63% dan belum tuntas 37%.Siklus II ketuntasan mencapai 83% dan belum tuntas 17%. (3) Penerapan metode Concept Sentence dengan berbantuan media gambar dapat meningkatkan ketrampilan menulis deskripsi ,hasil prosentase ketuntasan pada pra siklus yaitu hanya 43% dan belum tuntas 57%. Siklus I ketuntasan mencapai 60% dan belum tuntas 40%.Siklus II ketuntasan mencapai 77% dan belum tuntas 23%.Berdasarkan hasil penelitian, metode Concept Sentence dengan berbantuan media gambardisarankan untuk dipergunakan sebagai acuan dalam penyusunan program pengajaran yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran peserta didik.