ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SDN MOJOLANGU 2 MALANG

Main Author: SELVIANA, DWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24906/1/jiptummpp-gdl-dwiselvian-37339-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24906/2/jiptummpp-gdl-dwiselvian-37339-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24906/
ctrlnum 24906
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/24906/</relation><title>ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SDN MOJOLANGU 2 MALANG</title><creator>SELVIANA, DWI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Upaya untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter sebagaimana tujuan pendidikan nasional dilakukan dengan mengembangkan suatu program pendidikan yang dikenal dengan istilah pendidikan karakter. Pendidikan karakter di sekolah dapat dilaksanakan dalam setiap kegiatan pembelajaran, baik dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, pengembangan diri dan budaya sekolah serta dalam kegiatan kokurikuler dan/atau ekstrakurikuler. Dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas pendidikan karakter tidak hanya dapat dilaksanakan dalam pembelajaran Agama dan PKn saja, tetapi juga dapat dilaksanakan pada semua mata pelajaran, termasuk pada mata pelajaran muatan lokal salah satunya yaitu bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas V SDN Mojolangu 2 Malang.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang dijabarkan berupa data deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui hasil observasi tentang pelaksanaan pendidikan karakter selama pembelajaran bahasa Inggris berlangsung. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui hasil dokumentasi tentang data perencanaan pembelajaran berupa silabus dan RPP dan data evaluasi pembelajaran berupa alat evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran. Data-data tersebut akan diperkuat dengan hasil wawancara terhadap responden. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru bahasa Inggris di kelas V SDN Mojolangu 2 Malang.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas V SDN Mojolangu 2 Malang pada tahap perencanaan dilakukan dengan merancang kegiatan pembelajaran dalam silabus dan RPP yang memfasilitasi adanya penanaman nilai dalam diri siswa. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan sepanjang kegiatan pembelajaran berlangsung mulai dari guru memasuki kelas sampai guru meninggalkan kelas. Pada tahap evaluasi, tidak dilakukan evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris. Nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris hanya dikembangkan dan ditanamkan agar menjadi kepribadian baik dalam diri siswa.</description><date>2014-11-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/24906/1/jiptummpp-gdl-dwiselvian-37339-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/24906/2/jiptummpp-gdl-dwiselvian-37339-2-babi.pdf</identifier><identifier> SELVIANA, DWI (2014) ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SDN MOJOLANGU 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>24906</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SELVIANA, DWI
title ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SDN MOJOLANGU 2 MALANG
publishDate 2014
topic L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/24906/1/jiptummpp-gdl-dwiselvian-37339-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24906/2/jiptummpp-gdl-dwiselvian-37339-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24906/
contents Upaya untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter sebagaimana tujuan pendidikan nasional dilakukan dengan mengembangkan suatu program pendidikan yang dikenal dengan istilah pendidikan karakter. Pendidikan karakter di sekolah dapat dilaksanakan dalam setiap kegiatan pembelajaran, baik dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, pengembangan diri dan budaya sekolah serta dalam kegiatan kokurikuler dan/atau ekstrakurikuler. Dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas pendidikan karakter tidak hanya dapat dilaksanakan dalam pembelajaran Agama dan PKn saja, tetapi juga dapat dilaksanakan pada semua mata pelajaran, termasuk pada mata pelajaran muatan lokal salah satunya yaitu bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas V SDN Mojolangu 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang dijabarkan berupa data deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui hasil observasi tentang pelaksanaan pendidikan karakter selama pembelajaran bahasa Inggris berlangsung. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui hasil dokumentasi tentang data perencanaan pembelajaran berupa silabus dan RPP dan data evaluasi pembelajaran berupa alat evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran. Data-data tersebut akan diperkuat dengan hasil wawancara terhadap responden. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru bahasa Inggris di kelas V SDN Mojolangu 2 Malang. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas V SDN Mojolangu 2 Malang pada tahap perencanaan dilakukan dengan merancang kegiatan pembelajaran dalam silabus dan RPP yang memfasilitasi adanya penanaman nilai dalam diri siswa. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan sepanjang kegiatan pembelajaran berlangsung mulai dari guru memasuki kelas sampai guru meninggalkan kelas. Pada tahap evaluasi, tidak dilakukan evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris. Nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris hanya dikembangkan dan ditanamkan agar menjadi kepribadian baik dalam diri siswa.
id IOS4109.24906
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:46:24Z
last_indexed 2017-03-21T02:46:24Z
recordtype dc
_version_ 1675924308972535808
score 17.538404