PENGEMBANGAN MEDIA PETAKASI (PETAK KARTU MAKANAN SEHAT BERGIZI) UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI

Main Author: SUTRISNO, EDI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24904/1/jiptummpp-gdl-edisutrisn-37340-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24904/2/jiptummpp-gdl-edisutrisn-37340-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24904/
Daftar Isi:
  • Penggunaan media pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar belum banyak diterapkan oleh guru, media yang digunakan masih berupa media mata pelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dengan kegiatan wawancara dan observasi, diperoleh data bahwa guru sudah menggunakan media dalam proses pembelajaran, diantaranya ialah media gambar, kartu, peta, benda konkret dan lingkungan sekitar. Karakteristik peserta didik yang kebanyakan lebih senang bersikap operasional dan beinteraksi, dan tingkat keaktifan dalam kegiatan pembelajaran belum terlihat secara keseluruhan. Sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti melakukan penelitian pengembangan media pembelajaran tematik. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan media PETAKASI (Petak Kartu Makanan Sehat Bergizi) pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 kelas IV SD tema 9 makananku sehat dan bergizi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan hasil media yang dikembangkan dengan cara validasi ahli media, ahli materi, serta ahli pembelajaran dan dengan uji coba pada peserta didik. Langkah-langkah dalam penelitian pengembangan media ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap awal penelitian ialah analisis kebutuhan tentang media pembelajaran, kemudian data yang diperoleh digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan desain media yang sesuai. Hasil desain media yang sudah jadi kemudian divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran. Jika masih ada kekurangan tentang desain media, maka dilakukan revisi sesuai penilaian dan masukan para ahli. Langkah selanjutnya ialah uji coba produk dengan membagikan angket respon pada peserta didik sebagai pengguna media yang dikembangkan untuk mengetahui tingkat kelayakan media tersebut. Apabila sudah tidak ada kekurangan atau desain media mendapat respon yang baik, maka produk media tersebut sudah bisa dinyatakan menjadi hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validasi para ahli, ditandai dengan prosentase nilai yang mencapai 95% oleh ahli media, 98% oleh ahli materi, dan 96% oleh ahli pembelajaran. Selanjutnya pada tahap uji coba produk juga mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik sebagai pengguna media petakasi yang dikembangkan. Dari uji coba kelompok kecil diperoleh hasil prosentase keseluruhan yang mencapai 94%, dan 95% pada uji coba kelompok besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media petakasi yang dikembangkan mendapat respon positif dengan kriteria sangat baik dan kategori sangat layak untuk digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran tematik kelas IV SD.