PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI SDN SUMBERSARI 1 MALANG

Main Author: WIDIASTUTI, ERNY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24900/1/jiptummpp-gdl-ernywidias-37343-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24900/2/jiptummpp-gdl-ernywidias-37343-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24900/
ctrlnum 24900
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/24900/</relation><title>PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI SDN SUMBERSARI 1 MALANG</title><creator>WIDIASTUTI, ERNY</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memerlukan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu serta berhak mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan anak normal lainnya tanpa diskriminasi sesuai dengan UU No. 20 Th 2003. Namun pada kenyataannya masih banyak ditemukan problematika guru dalam pembelajaran di sekolah seting inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran ABK di sekolah SDN Sumbersari 1 Malang, (2) problematika yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran ABK di sekolah inklusi SDN Sumbersari 1 Malang, dan (3) upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih guru kelas V, dua Guru Pendamping Khusus (GPK), dan kepala sekolah SDN Sumbersari I Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juni dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan (1) Guru sudah menggunakan kurikulum modifikasi untuk ABK dan pembelajaran yang disesuaikan dengan RPP yang sudah disiapkan. (2) Guru mengalami problematika dalam penyesuaian kurikulum, assesmen, PPI untuk ABK dikarenakan dipengaruhi oleh tingkat emosi anak, pembuatan media, sumber belajar untuk ABK, penggunaan metode karena dipengaruhi oleh biaya dan waktu serta kurangnya GPK dan kurangnya kerjasama anatara guru kelas dengan GPK . (3) Menggunakan media seadanya, dalam pembuatan sumber belajar bekerjasama dengan GPK, meberdayakan semua guru yang ada di SDN Sumbersari I Malang untuk menangani ABK, mengikuti seminar atau pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan ketrampilan dalam menangani ABK.</description><date>2014-11-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/24900/1/jiptummpp-gdl-ernywidias-37343-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/24900/2/jiptummpp-gdl-ernywidias-37343-2-bab1.pdf</identifier><identifier> WIDIASTUTI, ERNY (2014) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI SDN SUMBERSARI 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>24900</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author WIDIASTUTI, ERNY
title PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI SDN SUMBERSARI 1 MALANG
publishDate 2014
topic L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/24900/1/jiptummpp-gdl-ernywidias-37343-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24900/2/jiptummpp-gdl-ernywidias-37343-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24900/
contents Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memerlukan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu serta berhak mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan anak normal lainnya tanpa diskriminasi sesuai dengan UU No. 20 Th 2003. Namun pada kenyataannya masih banyak ditemukan problematika guru dalam pembelajaran di sekolah seting inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran ABK di sekolah SDN Sumbersari 1 Malang, (2) problematika yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran ABK di sekolah inklusi SDN Sumbersari 1 Malang, dan (3) upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih guru kelas V, dua Guru Pendamping Khusus (GPK), dan kepala sekolah SDN Sumbersari I Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juni dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Guru sudah menggunakan kurikulum modifikasi untuk ABK dan pembelajaran yang disesuaikan dengan RPP yang sudah disiapkan. (2) Guru mengalami problematika dalam penyesuaian kurikulum, assesmen, PPI untuk ABK dikarenakan dipengaruhi oleh tingkat emosi anak, pembuatan media, sumber belajar untuk ABK, penggunaan metode karena dipengaruhi oleh biaya dan waktu serta kurangnya GPK dan kurangnya kerjasama anatara guru kelas dengan GPK . (3) Menggunakan media seadanya, dalam pembuatan sumber belajar bekerjasama dengan GPK, meberdayakan semua guru yang ada di SDN Sumbersari I Malang untuk menangani ABK, mengikuti seminar atau pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan ketrampilan dalam menangani ABK.
id IOS4109.24900
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:46:24Z
last_indexed 2017-03-21T02:46:24Z
recordtype dc
_version_ 1675924308948418560
score 17.538404