PENERAPAN METODE ROLE-PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERMUSYAWARAH DAN BERDEMOKRASI SISWA KELAS II SDN AMPELDENTO 1 MALANG
Main Author: | MARDIYANTO, ARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24898/1/jiptummpp-gdl-arimardiya-37372-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24898/2/jiptummpp-gdl-arimardiya-37372-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24898/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar PKn di SDN Ampeldento 1 Malang siswa kelas 2 materi Bermusyawarah dan Berdemokrasi adalah suatu permasalahan yang akan dilakukan penelitian. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: mendeskripsikan penerapan metode Role-playing dalam pembelajaran PKn materi tentang Bermusyawarah dan Berdemokrasi kelas 2 di SDN Ampeldento 1 Malang, mendeskripsikan pemahaman siswa tentang pentingnya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari, mendeskripsikan dampak penggunaan metode Role-playing terhadap pembelajaran kreativitas dan daya pikirnya. Penelitian dirancang 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah mencapai kriteria ketuntasan sebesar 87 % dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor minimal 70. Subyek penelitian adalah siswa kelas 2 SDN Ampeldento 1 Malang Kecamatan Pakis yang berjumlah 23 siswa. Pada penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa : lembar Observasi ( pengamatan ) untuk mengamati kegiatan siswa, catatan lapangan, LKS, studi dokumentasi dengan hasil tes dan foto-foto pada saat pembelajaran, serta lembar evaluasi untuk menilai pemahaman siswa terhadap materi Bermusyawarah Dan Berdemokrasi. Hasil belajar siswa dari ranah kognitif pada siklus I menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan klasikal yaitu 69,56% (sedang) nilai evaluasi siswa masih terbilang rendah karena belum mencapai ketuntasan klasikal yang ditentukan sekolah sebesar 70%. Di bandingkan dengan siklus II yang ketuntasan klasikalnya mencapai 100% (sangat baik) artinya ketuntasan hasil belajar siswa kelas 2 sudah tercapai. Untuk itu penelitian dihentikan, dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu Penerapan Metode Role-playing Pada Mata Pelajaran PKn Materi Bermusyawarah dan Berdemokrasi Siswa Kelas 2 SDN Ampeldento 1 Malang menjadi meningkat.