PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUBERGI (RUMAH SUMBER ENERGI)MATERI SUMBER ENERGI DAN PERUBAHANNYA MATA PELAJARAN IPA KELAS II SD

Main Author: Kasih, Loresta Putri Nusantara
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24882/1/jiptummpp-gdl-lorestaput-37823-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24882/2/jiptummpp-gdl-lorestaput-37823-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24882/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar menuntut peran aktif dan konstruksi dari para guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Keterbatasan media pembelajaran dan lemahnya kemampuan guru menciptakan media membuat penerapan metode ceramah menjadi pilihan utama, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di sekolah diketahui bahwa belum adanya media pembelajaran IPA yang dapat digunakan sebagai media yang menarik motivasi belajar dan dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik, sehingga dibutuhkan adanya sebuah media pembelajaran IPA yang dapat digunakan untuk menarik motivasi belajar dan meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik agar pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran RUBERGI (RumahSumberEnergi) pada mata pelajaran IPA untuk mengetahui tingkat kelayakan produk melalui validasi beberapa ahli dan ujicoba produk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development), yaitu menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun langkah-langkah pengembangan yang dimaksud adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Perbaikan Desain,Ujicoba Produk, Revisi Produk, Ujicoba Pemakaian, Revisi Produk Tahap Akhir, dan Produksi Massal. Pengembangan produk dalam penelitian ini, hanya dilakukan hingga langkah (8) yaitu ujicoba pemakaian. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa desain media pembelajaran RUBERGI (Rumah Sumber Energi) menunjukkankriteria sangat valid. Hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 82%, sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran IPA SD menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 81,6%. Selain itu, hasil uji coba produk kelompok kecil pada 12 siswa kelas II SD Muhammadiyah 9 Malang dengan persentase respon positif siswa kelas sebanyak 92,5%. Sedangkan uji kelompok besar kepada 41 siswa kelas II SDMuhammdiyah 9 Malang menunjukkan persentase sebesar 90,4%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran RUBERGI (RumahSumberEnergi) mata pelajaran IPA dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas II SD Muhammadiyah 9 Malang.