ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA KELAS V SEMESTER II SDN DI KECAMATAN MEGALUH JOMBANG

Main Author: ULFA, MAWADDA AMALLIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24874/1/jiptummpp-gdl-mawaddaama-37826-1-pendahul-.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24874/2/jiptummpp-gdl-mawaddaama-37826-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24874/
Daftar Isi:
  • Dalam proses belajar mengajar, pembelajaran IPA memerlukan model pembelajarn yang kreatif, karena materi IPA memerlukan suatu aktivitas yang langsung dan benar-benar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Berdasarkan pandangan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang: 1) Penerapan model pembelajaran IPA yang digunakan guru kelas V semester II SDN kecamatan Megaluh Jombang. 2) Aktivitas siswa dalam menerapkan model pembelajaran IPA kelas V semester II SDN kecamatan Megaluh Jombang. 3) Kendala – kendala yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran IPA kelas V semester II SDN di kecamatan Megaluh Jombang. Penelitian ini adalah penelitian Deskripsif Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 24 April 2014 sampai tanggal 17 Mei 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kedungrejo sebanyak 35 siswa, Siswa kelas V SDN Sidomulyo sebanyak 30, dan siswa kelas V SDN Balongsari 01 sebanyak 23. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik trianggulasi yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model Spradley. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran IPA kelas V semester II sekolah dasar di kecamatan Megaluh Jombang ini sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran IPA yaitu model pembelajaran berbasis masalah, model inkuiri, model STM, model ketrampilan proses 2) Aktivitas siswa dalam menerapkan model pembelajaran IPA sesuai dengan karakteristik dari masing – masing model pembelajaran adapun aktivitas yang dilakukan siswa yaitu melaksanakan pengamatan, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan mengkomunikasikan, 3) Kendala– kendala guru dalam melaksanaan model pembelajaran IPA adalah menyiapkan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan, melaksanakan praktikum, keaktifan siswa,dan penilaian proses. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan bahwa dalam penerapan model pembelajaran IPA, seorang guru diharuskan menyampaikan materi yang lebih kreatif dan bervariasi serta melibatkan peserta didik untuk aktif dengan menyediakan media dan bahan ajar yang sesuai dengan langkah model pembelajaran IPA.