PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA LINGKUNGAN MELALUI METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISKUSI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN IPA DI KELAS III SDN PURWANTORO 2 MALANG

Main Author: NOFITASARI, PRISMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24861/1/jiptummpp-gdl-prismanofi-37832-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24861/2/jiptummpp-gdl-prismanofi-37832-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24861/
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul penerapan pembelajaran tematik tema lingkungan melalui metode think pair share untuk meningkatkan kemampuan diskusi dan hasil belajar matematika dan IPA di Kelas III SDN Purwantoro 2 Malang bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Penerapan pembelajaran tematik tema lingkungan melalui metode think pair sharedi Kelas III SDN Purwantoro 2 Malang (2) Meningkatkan kemampuan diskusi siswa melalui metode think pair share pada pembelajaran tematik (3) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode think pair share pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas III di SDN Purwantoro 2 Malang tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar tes. Penerapan pembelajaran tematik melalui metode think pair sharedisesuaikan dengan sintaks yang meliputi penyampaian tema pelajaran, tahap think (berfikir), tahap pair (Berpasangan), tahap share (Berbagi). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Penerapan pembelajaran tematik tema lingkungan melalui metode think pair share mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 70% meningkat pada siklus II menjadi 81% (2) Peningkatan kemampuan diskusi pada pelajaran matematika dan IPA siswa kelas III SDN Purwantoro 2 Malang (3) Peningkatan hasil belajar pada pelajaran matematika dan IPA siswa kelas III SDN Purwantoro 2 Malang