PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI PENERAPAN MODEL POLYA PADA SISWAKELAS V SDN KRENCENG 1 NGLEGOK BLITAR

Main Author: ISMAWATI, RINA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24856/1/jiptummpp-gdl-rinaismawa-37834-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24856/2/jiptummpp-gdl-rinaismawa-37834-3-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24856/
Daftar Isi:
  • Soal cerita merupakan soal yang diungkapkan dalam bentuk cerita yang diambil dari pengalaman-pengalaman peserta didik berkait dengan konsep-konsep matematika. Dalam penyelesaian soal tersebut diperlukan strategi maupun cara. Model Polya merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan soal cerita. Langkah pembelajaran matematika model polya yaitu : memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, memeriksa kembali. Tujuan penelitian ini adalah (a) mendiskripsikan penerapan model Polya sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas V SDN Krenceng 1 Nglegok Blitar (b) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika Kelas V SDN Krenceng 1 Nglegok Blitar materi volume kubus dan balok dengan penerapan model Polya. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan Kelas. Objek dalam penilitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Krenceng 1 Nglegok Blitar dengan jumlah 18 siswa terdiri dari11 laki-laki dan 7 perempuan pada materi volume kubus dan balok. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa data hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan belajar siswa berdasarkan KKM diperoleh rata-rata kelas sebesar 66 pada siklus I dan 76 pada siklus II. Sedangkan Prosentase keberhasilan pada siklus I yaitu 56 % dan siklus II yaitu 83% .Dengan demikian maka implementasi metode pembelajaran soal cerita dengan model Polya sesuai digunakan pada mata pelajaran matematika soal cerita volume kubus dan balok