PENGEMBANGAN MEDIA DAKODI (DAKON KOSAKATA DIMENSI) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGEMARANKU KELAS I SEKOLAH DASAR
Main Author: | ASIANI, ELONE |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24800/1/jiptummpp-gdl-eloneasian-36289-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24800/2/jiptummpp-gdl-eloneasian-36289-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24800/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan media berbasis tematik kelas I Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa media yang digunakan dalam pembelajaran tematik adalah lingkungan karena pembelajaran kelas I masih kontekstual. Media permainan yang digunakan guru dibeli di pasaran yang masih berbasis satuan mata pelajaran karena guru belum pernah membuat atau mengembangkan media sendiri. Penggunaan media memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan ineteraksi antara guru dengan peserta didik. Sehingga masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media dakodi dan keefektifannya dalam pembelajaran tematik tema kegemaranku kelas I SD. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media DAKODI (dakon kosakata dimensi) dan menguji efektifitasnya pada pembelajaran tematik tema kegemaranku kelas I SD agar tercipta proses pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Media dikembangkan dengan model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif dengan menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran tematik serta diujicobakan pada peserta didik. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisi kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pengembangan media yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap, yaitu: analisis kebutuhan, pengembangan materi, pengembangan desain produk, validasi oleh ahli, revisi produk, dan uji coba pada peserta didik (2) produk akhir dari pengembangan media ini adalah empat buah dakodi yang berdasarkan review ahli materi dan ahli media memiliki kritera sangat baik (3) hasil rivew oleh ahli materi didapat sekor 90% sedangkan review oleh ahli media didapat skor 93,8% dari skor maksimal masing-masing 100% (4) hasil uji coba terhadap peserta didik kelompok kecil dan kelompok besar menunjukkan media dakodi dalam kategori sangat baik yaitu masing-masing prosentasenya 99% dan 97,9%.