PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TANGGA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS IIB SDN LOWOKWARU 1 KOTA MALANG
Main Author: | BUDI, FACHIH PRASETYO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24796/1/jiptummpp-gdl-fachihpras-36293-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24796/2/jiptummpp-gdl-fachihpras-36293-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24796/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali dari hasil wawancara dengan guru, terdapat adanya beberapa masalah dalam pembelajaran Matematika, diantaranya perlu adanya penyempurnaan dalam penggunaan media pembelajaran. Pembelajaran matematika melalui media tangga garis bilangan dijadikan suatu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi operasi hitung campuran. Adapun rumusan masalah yang ditentukan yaitu bagaimana penggunaan media tangga garis bilangan dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas IIB di SDN Lowokwaru 1 kota Malang dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa tentang materi operasi hitung campuran dengan menggunakan media tangga garis bilangan pada siswa kelas IIB SDN Lowokwaru 1 kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang penggunaan media tangga garis bilangan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IIB SDN Lowokwaru 1 kota Malang dan mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa materi operasi hitung campuran dengan menggunakan media tangga garis bilangan pada siswa kelas IIB SDN Lowokwaru 1 kota Malang. Penelitian yang bertempat di SDN Lowokwaru 1 kota Malang ini menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pembelajaran ini dilaksanakan selama dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan satu kali pertemuan dengan fokus pembelajaran adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi operasi hitung campuran. Siklus kedua dilaksanakan satu kali pertemuan dengan fokus pembelajaran mengacu pada tindakan I, akan tetapi lebih ditekan pada kemahiran prosedural dan memahami materi melalui media tangga garis bilangan. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan penilaian sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Matematika dan ketuntasan klasikal dengan memberikan soal soal evaluasi yang digunakan untuk memantau perkembangan pemahaman siswa dari siklus pertama hingga siklus kedua. Hasil tes pembelajaran, diketahui rata-rata tes hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar ditentukan sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 9 anak dengan persentase ketuntasan klasikal 42,85%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 16 anak dengan persentase 88,88%, sehingga penelitian sudah cukup dan dihentikan karena telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu >75%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media tangga garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung campuran pada siswa kelas IIB di SDN Lowokwaru 1 Kota Malang.