PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TONGKAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS II SDN MOJOLANGU 05 MALANG

Main Author: JUNAIDIN,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24793/1/jiptummpp-gdl-junaidin09-36296-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24793/2/jiptummpp-gdl-junaidin09-36296-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24793/
Daftar Isi:
  • Penelian ini diawali dari hasil wawancara, terdapat beberapa masalah yang dijumpai dalam pembelajaran menyimak dongeng di kelas II SDN Mojolangu 05 Malang. Masalah dari siswa adalah tidak memiliki keberanian dalam mengungkapkan kembali isi dongeng, kurangnya motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran menyimak. Masalah dari guru yaitu kurangnya pemanfaatan media dan metode pembelajaran, akibat dari kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran menyimak dongeng, suasana kelas menjadi pasif dan tidak terfokus terhadap apa yang disampaikan oleh guru saat proses belajar mengajar dan tidak mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media boneka tongkat untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi menyimak dongeng pada siswa kelas II SDN Mojolangu 05 Malang dengan menggunakan media boneka tongkat. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus dilakukan 2 kali pertemuan pembelajaran, masing-masing pertemuan langkah pembelajaran dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu kegiatan awal, inti, dan kegiatan akhir. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2014 sampai dengan 23 Januari 2014 di SDN Mojolangu 05 Malang. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Selanjutnya hasil evaluasi pada akhir siklus I dan siklus II digunakan untuk memantau perkembangan pemahaman siswa pada keterampilan menyimak dongeng. Berdasarkan hasil penelitian, di peroleh kesimpulan (1) penggunaan media boneka tongkat mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran menyimak dongeng. (2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, di ketahui hasil belajar menyimak dongeng dengan menggunakan media boneka tongkat mengalami peningkatan. Pada rata-rata nilai tes akhir siklus I sebesar 52%, dan kemudian nilai rata-rata pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 44% menjadi 96%. Hal ini sudah melebihi kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan yaitu 75%. Peningkatan hasil belajar tersebut membuktikan bahwa penggunaan media boneka tongkat dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas II SDN Mojolangu 05 Malang.