PERSEPSI MAHASISWA PGSD DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR ANGKATAN 2011 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Main Author: | RUSDIANSYAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24789/1/jiptummpp-gdl-rusdiansya-36298-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24789/2/jiptummpp-gdl-rusdiansya-36298-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24789/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran yang adabaik di jenjang SD, SMP, SMA dan jenjang perguruan tinggi membuat masyarakat prihatin. Tujuan dari perguruan tinggi yaitu dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan / atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa (UUD No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi), tetapi pada kenyataannya banyak sekali mahasiswa setelah menyelesaikan studi S1 di perguruan tinggi akan sulit dalam mencari pekerjaan, peran persepsi adalah hal-hal yang berkenaan dengan pola-pola kebutuhan menarik perhatian. Mengamati orang yang sama yang dilakukan oleh dua orang akan berbeda pengamatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa PGSD terhadap proses pembelajaran di program studi PGSD Angkatan 2011 FKIP UniversitasMuhammadiyah Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis (Naturalistik), dengan gabungan duajenis penelitian yaitu kualitatif dan kuantitatif, sebagai sumber data, dipilih mahasiswa angkatan 2011, informan dipilih dengan menggunakan purposive sampling, snowballing sampling, dan random sampling, yang berjumlah 56 responden dan 4 informan. Penelitian ini dilakukan pada bulan april 2014 dengan dua tahap yaitu tahap wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran dengan (1) Perencanaan Pembelajaran, berada pada criteria baik dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata 2,6 dengan skala dan 2≤ (x ) ̅<3 wawancara yang dilakukan menyatakan bahwa pada umumnya responden menyatakan perencanaan pembelajaran baik (2) Pengelolaan Kelas, sudah baik dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata 2,7 dengan skala 2≤ (x ) ̅<3 (3) Materi Pembelajaran, berada pada criteria baik dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata 2,9 denganskala2≤ (x ) ̅<3 (4) Media dan Metode Pembelajaran sudah baik dapat dilihat dengan nilai rata-rata 2,4 memiliki skala proses pembelajaran 2≤ (x ) ̅<3 (5) Evaluasi Pembelajaran juga baikberadapadanilai rata-rata 2,5 denganskalanilai rat-rata proses pembelajaran2≤ (x ) ̅<3 dan pendapat yang berbeda yang dikatakan oleh responden bahwa dosen dalam proses pembelajaran yang mencakup 5 aspek tersebut masih kurang baik dosen kurang menyampaikan media/metode, silabus tidak disampaikan, evaluasi tidak dilakukan secara terus menerus dan pengelolaan kelas yang dianggap kurang baik. Hasil penelitian ini, disarankan dosen dapat meningkatkan lagi proses pembelajaran, dengan melihat indikator proses pembelajaran yang baik yang sudah di tetapkan oleh perguruan tinggi masing-masing yang diantaranya perencanaan, materi, media/ metode, pengelolaan kelas, evaluasi.