PENGEMBANGAN MEDIA ROULETTE QUESTION PADA PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS V DI SDN MOJOLANGU 03 MALANG

Main Author: UTOMO, AJI PRASETYO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24770/1/jiptummpp-gdl-ajiprasety-36767-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24770/2/jiptummpp-gdl-ajiprasety-36767-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24770/
Daftar Isi:
  • Seiring dengan perkembangan di bidang pendidikan, media pembelajaran dianggap perlu dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksudkan meliputi gambar, foto, grafik, lukisan, dan video. Media pembelajaran juga sangat membantu guru dalam menjelaskan materi pelajaran yang diajarkannya. Pada proses pembelajaran PPKn di SDN Mojolangu 03 Malang, siswa cenderung kesulitan dalam memahami materi, siswa hanya menghafal materi, kemampuan mengingat dan berfikir siswa sangat rendah, siswa cepat bosan dikarenakan belum adanya media pada pembelajaran PPKn. Berdasarkan uraian tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan media pembelajaran Roulette Question pada pembelajaran PPKn di SDN Mojolangu 03 Malang. Pengembangan Roulette Question merupakan pengembangan media pembelajaran yang tergolong baru yang bertujuan untuk menjelaskan materi pembelajaran serta mengajak siswa untuk bermain dalam proses pembelajaran. berdasarkan uraian tersebut tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana mengembangkan media pembelajaran Roulette Question pada pembelajaran PPKn di SD Mojolangu 03 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan metode pengembangan R&D yang mendiskripsikan cara mengembangkan media Roulette Question dan dilakukan uji coba lapang pada siswa kelas V SDN Mojolangu 03 Malang . Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, observasi, dan angket. Kegiatan data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menarik hasil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) di SDN Mojolangu 03 penggunaan media pada mata pelajaran PPKn sangat kurang, (2) siswa membutuhkan media yang menarik siswa dalam belajar di kelas khususnya pada mata pelajaran PPKn materi peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, (3) media Roulette Question valid/layak dipakai sebagai media pembelajaran PPKn materi peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, terlihat dari hasil nilai validasi ahli media pembelajaran yaitu 76,25%. Penilaian dari ahli materi yaitu 80%. Hasil penilaian dari ahli PPKn SD yaitu 85,26%. Nilai minimal kelayakan media yaitu 61% sesuai dengan standart yang ditentukan. Jadi penggunaan media Roulette Question sangat layak dan sesuai.