PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN AMPELDENTO 2

Main Author: SUBAGJO, CAHAYA DIAH EKAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24764/1/jiptummpp-gdl-cahayadiah-36770-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24764/2/jiptummpp-gdl-cahayadiah-36770-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24764/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya minat belajar siswa kelas IV SDN Ampeldento 2 terhadap pembelajaran matematika yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya motivasi dan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar siswa masih dibawah rata-rata, siswa kurang begitu suka menghafal rumus-rumus yang terdapat pada matematika dan kurangnya metode pembelajaran yang mengharuskan siswa berkelompok. Selain itu juga terdapat faktor penghambat yang disebabkan oleh guru yaitu guru masih belum menggunakan metode pembelajaran dan media yang bisa membuat siswa lebih berinteraksi lagi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi penjumlahan bilangan bulat. 2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan bilangan bulat melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ampeldento 2 dengan jumlah siswa 38. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus melalui tahapan perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh pada penelitian ini, dapat diketahui bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi penjumlahan bilangan bulat serta dapat menjawab hipotesis yang dirumuskan pada bab II dan penelitian ini juga membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 52,63% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 76,13% dari ketuntasan klasikan yang harus dicapai yaitu sebesar 75% dengan kriteria ketuntasan minimal 70. Dari peningkatan hasil ketuntasan belajar siswa tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Ampeldento 2.