ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MI MAMBAUL ULUM TEGALGONDO KARANGPLOSO MALANG

Main Author: Yunita, Eva Fitri Vanny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24760/1/jiptummpp-gdl-evafitriva-36777-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24760/2/jiptummpp-gdl-evafitriva-36777-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24760/
Daftar Isi:
  • Media pembelajaran merupakan perantara yang mengantar informasi antara guru sebagai sumber informasi kepada siswa sebagai penerima pesan. Di dunia pendidikan media pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting untuk menyampaikan materi kepada siswa. Hal tersebut tidak terlepas dari kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran, (3) menganalisis menganalisis kendala yang di temui dan upaya yang dilakukan selama menggunakan media pembelajaran di MI Mambaul Ulum Tegalgondo kecamatan Karangploso kabupatenMalang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaimana adanya. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mereduksi, klasifikasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan mengajar guru dalam menggunakan media pembelajaran sudah sangat baik.hal tersebut ditunjukkan oleh beberapa poin diantaranya adalah pemahaman yang sangat baik dalam penggunaan /pengoprasian berbagai jenis media pembelajaran seperti a) Ketersediaan media pembelajaran b) guru mampumemberikan stimulus yang variatif agar pemikiran siswa dapat berkembang secara optimal c) guru mampu mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki siswa, d) memungkinkan untuk berinteraksi langsung dengan media sehingga siswa merasa lebih dekat, e) mampu menghasilkan keseragaman pengamatan, f) dengan media pembelajaran mampu membangkitkan motivasi dan menambah pengalaman yang nyata serta g) mampu membuat siswa belajar secara mandiri dan aktif serta di dukung oleh kondisi dan ketersediaan media pembelajaran yang sudah lengkap dan dalam kondisi yang sangat baik dan layak dipergunakan. (2) Kendala yang dihadapi dalam menggunakan media pembelajaran di MI mambaul Ulum yaitu kesulitan yang bersifat manusiawi, dan kondisional sedangkan Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran yaitu pengelolaan kelas yang bertujuan untuk mengkondisikan siswa dan keikutsertaan guru dalam berbagai pelatihan dan seminar untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sesuai perkembangan jaman.