PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED DAN MEDIA POHON PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PECUK KABUPATEN TULUNGAGUNG

Main Author: Sari, Putri Malta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24750/1/jiptummpp-gdl-putrimalta-36783-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24750/2/jiptummpp-gdl-putrimalta-36783-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24750/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Pecuk Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Hasil wawancara dengan guru kelas diketahui bahwa siswa masih kesulitan dalam pembelajaran matematika pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Kesulitan yang dimaksudkan adalah sulitnya siswa untuk memahami materi. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang masih menerapkan metode ceramah dan guru juga terpaku pada buku panduan. Saat guru menjelaskan sebagian besar siswa ramai dan tidak memperhatikan, akibatnya banyak siswa yang tidak paham terhadap materi. Hal itu diketahui dari hasil belajar siswa yang 70% di bawah kriteria ketuntasan minimum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan pendekatan Open-Ended dan media pohon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 12 siswa SDN 1 Pecuk Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung semester genap tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Open-Ended dan media pohon dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil evaluasi diketahui bahwa pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 16,67%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 883,33%. Peningkatan hasil dalam penelitian ini sangat signifikan, hal ini dikarenakan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya yaitu strategi yang digunakan oleh guru sudah tepat. Persentase ini melebihi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 70% dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan Open-Ended dan media pohon dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 1 Pecuk Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung.