HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS IV SDN KAKATPENJALIN KECAMATAN NGIMBANG KABUPATEN LAMONGAN

Main Author: YASMIN, FAIZATUL LUTFIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24723/1/jiptummpp-gdl-faizatullu-36294-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24723/2/jiptummpp-gdl-faizatullu-36294-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24723/
Daftar Isi:
  • Masa depan anak bergantung dari pengalaman yang didapatkan anak termasuk faktor pendidikan dan pola asuh orang tua. Orang tua berperan penting dalam hal memberikan pengasuhan kepada anak sehingga akan terbentuk manusia manfaat. Akan tetapi tidak semua orang tua melakukan hal tersebut. Banyak orang tua yang mengejar kepentingan mereka sendiri dengan dalih untuk kesejahteraan anak, sehingga terkadang peran mereka sebagai orang tua yaitu mendidik dan mengasuh anak terlalaikan. Banyak sekali pelanggaran yang dilakukan oleh siswa di lingkungan sekolah akibat kurangnya penanaman sikap disiplin sejak dini. Kurangnya kesadaran pengasuhan oleh orang tua yang merupakan tanggung jawab utama orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mencari tahu bentuk-bentuk pola asuh yang dilakukan oleh orang tua ketika di rumah, bagaimana perilaku disiplin siswa, serta bagaimana hubungan pola asuh dengan perilaku disiplin siswa di sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, pendekatannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik questioner atau angket dengan objek penelitian siswa kelas IV SDN Kakatpenjalin Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Sumber data untuk penelitian ini adalah siswa, dan orang tua. Teknik analisis data adalah deskriptif yang hanya menjelaskan hubungan yang sederhana antar variabel. Untuk mengetahui pola asuh orang tua digunakan dasar penjumlahan dari setiap kategori pola asuh. Untuk variabel disiplin menggunakan dasar penghitungan skor t. Hubungan antar variabel dapat diketahui dari tabel silang dan uji statistik yaitu analisis korelasi pearson yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bagaimana bentuk-bentuk pola asuh yang dilakukan oleh orang tua siswa kelas IV SDN Kakatpenjalin Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. diantaranya yaitu (a) pola asuh otoriter (13,6%), (b) pola asuh demokratis (84,6%). Disiplin yang dimiliki oleh siswa diantaraya yaitu (a) disiplin tinggi (59,1%), (b) disiplin rendah (40,9%). Hasil penghitungan uji korelasi Perason didapatkan nilai rhitung sebesar 0,644 dengan nilai Signifikansi = 0,001. rtabel dengan derajat bebas (n=22) untuk α = 0,05 didapatkan nilai 0,423. Langkah selanjutnya dilakukan perbandingan, di mana nilai rhitung lebih besar daripada rtabel (0,644 > 0,423), dan selain itu nilai signifikansi yang diperoleh kurang dari α = 0,05 (0,001 < 0,05) sehingga dapat dikatakan ada hubungan yang cukup signifikan antara pola asuh orang tua dengan perilaku disiplin siswa.