BENTUK PUBLIKASI KEHUMASAN DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM BUMI AGRO EKOWISATA (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang)
Main Author: | Sari, Lidylla Nurmalita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24700/1/jiptummpp-gdl-lidyllanur-34969-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24700/2/jiptummpp-gdl-lidyllanur-34969-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24700/ |
Daftar Isi:
- Setiap kebijakan yang dibuat pemerintah tentunya memiliki nilai positif bagi masyarakatnya. Program-program yang dibuatpun berdasarkan potensi yang dimiliki oleh rakyat dan daerah. Setiap program pemerintah tentunya tidak akan berjalan maksimal tanpa ada dukungan dari stakeholder. Oleh karena itu tentu menjadi hal yang vital untuk mempublikasikan sebuah program kepada masyarakat agar terjadi kerjasama yang baik. Program Bumi Agro Ekowisata adalah sebuah produk baru milik pemerintahan Kabupaten Malang. Landasan dari dikeluarkannya program ini adalah untuk menunjukkan potensi-potensi wisata agro yang dimiliki olah Kabupaten Malang. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang (DISBUDPAR) sebagai instansi yang melakukan program ini tentunya harus memiliki cara untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat luas. Humas Disbudpar tentunya memiliki andil yang besar dalam menentukan strategi-strategi agar sosialisasi ini bisa berjalan dengan baik dan tepat sasaran. Adapun teori-teori yang dipakai dalam penelitian ini seperti teori kehumasan, teori aspek strategi humas, dan juga teori sosialisasi. Tipe penelitian yang dipakai adalah deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Untuk sumber data yang diperoleh adalah dari Kepala Humas Disbudpar Kabupaten Malang, Staff Humas Informasi dan Promosi, Kepala seksi Objek Wisata dan Pentas Seni Budaya, serta Kepala Seksi Rekreasi dan Aneka Hiburan. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakkan wawancara dan melakukan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik keabsahan datanya peneliti menggunakkan teknik triangulasi sumber. Melakukan usaha pengecheckan derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dengan beberapa sumber lain. Dari hasil wawancara dan dokumentasi yang telah dilakukan oleh peneliti dilapangan diketemukan beberapa strategi humas yang dilakukan. Strategi-strategi humas yang dijalankan oleh Humas Disbupar dalam mensosialisasikan program yang pertama mengkomunikasikan kepada khalayak luas tentang program ini karena publikasi sangat penting untuk manankan paradigma baru di masyarakat (publication ). Kedua, mengadakan kegiatan seperti 100 bule, Petik Apel bersama Bupati dan Seminar Pemandu Wisata. Ketiga, membuat pemberitaan positif di media massa agar semakin dikenal oleh kha;layak luas (news). Keempat, menciptakan corporate identity (citra kelembagaan) yang baik di mata masyarakat sehingga bisa memberikan dampak positif juga kepada instansi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Malang. Dari penelitian yang sudah dilakukan oleh Humas Disbudpar dapat disimpulkan bahwa strategi-strategi kehumasan telah dilakukan untuk mensosialisasikan program Bumi Agro Ekowisata kepada masyarakat. Hanya saja masih diperlukannya beberapa pembenahan seperti terus memperbaiki sistem publikasi menjadi lebih aktif lagi dalam mensosialisasikan program. Menjalin kerjasama dengan media massa agar terus tercipta image positif di mata khalayaknya. Melakukan sistem controlling yang berkala juga perlu dilakukan agar bisa mengetahui apakah strategi yang dilakukan sudah berjalan dengan semestinya. Dan yang terakhir adalah menjaga hubungan komunikasi yang baik dengan masyarakat. Hal ini bertujuan agar program yang telah dibuat bisa menimbulkan keaktifan peran public di dalamnya. Menjalin relasi yang baik dengan masyarakat di daerah agro ekowisata dan masyarakat Kabupaten Malang agar program bisa terlaksana dengan efektif serta efisien.