PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Main Author: MAHSUNAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24698/1/jiptummpp-gdl-mahsunah20-34746-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24698/2/jiptummpp-gdl-mahsunah20-34746-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24698/
Daftar Isi:
  • MAHSUNAH, 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Kata kunci : Membaca Permulaan, Kooperatif, TPS(Think-Pair-Share) Dalam proses belajar mengajar yang dilakukan selama ini, guru cenderung bertindak lebih aktif dan siswa kurang diberi kesempatan untuk bertindak lebih aktif lagi. Sehingga proses pembelajaran hanya berfokus pada guru, sehingga siswa tidak berani dan takut untuk menyampaikan pendapat akibatnya siswa cenderung pasif dan terlihat kurang bisa mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru , banyak anak yang ramai sendiri kurang memperhatikan pelajaran, maka untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca permulaan diterapkan model pembelajaran inovatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPS yang melibatkan siswa aktif belajar, baik secara mental, intelektual, fisik maupun sosial, dengan harapan hasil belajar siswa akan meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. mendiskirpsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Tambakmenjangan III kecamatan sarirejo kabupaten lamongan TP 2013/2014. 2. Untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas I SDN Tambakmenjangan III kecamatan sarirejo kabupaten lamongan TP 2013/2014 Penelitian dilaksanakan di SDN Tambakmenjangan III kecamatan sarirejo kabupaten lamongan dimana peneliti melaksanakan tugas sebagai pengajar. Obyek penelitian adalah siswa kelas I SDN Tambakmenjangan III dengan jumlah siswa 13 anak yang terdiri dari 6 siswa putra dan 7 siswa putri, penelitian dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang membaca permulaan. Penelitian tersebut dilaksanakan dalam tiga siklus yang dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2013, 18 Desember 2013, 19 Desember 2013. Deskripsi siklus I, II dan III meliputi langkah-langkah perencanaan pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi, dalam perencanaan guru mempersiapkan beberapa hal sebelum pembelajaran, antara lain rencana perbaikan pembelajaran, alat peraga, lembar kerja, lembar tes dan instrumen observasi. Pelaksanaannya meliputi pelaksanaan skenario pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan dalam RPP dan melaksanakan penilaian, sedangkan pengumpulan data dilakukan pengamatan melalui lembar pengamatan tentang kegiatan siswa, kegiatan guru dan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Bahasa indonesia tentang membaca permulaan. Hasil pembelajaran siklus I rata-rata 43,75% sedangkan siklus II meningkat menjadi 68,75% kemudian siklus III meningkat lagi menjadi 87,5%. Sehingga rata-rata dari siklus I, II dan III mengalami peningkatan.