PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI TERPIMPIN (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII-C SMP ISLAM HASANUDDIN KESAMBEN BLITAR
Main Author: | RIWAYATI, IDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24677/1/jiptummpp-gdl-idariwayat-35756-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24677/2/jiptummpp-gdl-idariwayat-35756-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24677/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkanobservasiawaldanwawancaradengan guru dansiswadi SMP Islam HasanuddinKesambenBlitardapatdiidentifikasimasalah yaitupembelajaranBiologidalampembelajarannyamasih menggunakanmetodeceramahdandiskusikelompoksecarasederhana, sehinggakemampuanberpikirilmiahmasihrendahdanhasilbelajar yang kurangmemenuhistandart KKM. Penilaianpembelajaranpadahasilulangansaja, sehinggahanyamengukuraspektertentu, belummampumengukurkemampuanberpikirilmiah. PenelitianTindakanKelas (PTK) inibertujuanuntukmengetahuipelaksanaanpendekataninkuiriterpimpindalammeningkatkankemampuanberpikirilmiahdanuntukmengetahuipeningkatankemampuanberpikirilmiahdanhasilbelajarbiologisiswakelas VII-C SMP Islam HasanuddinKesambenBlitar. Penelitianinidilakukan di SMP SMP Islam HasanuddinKesambenPelaksanaanpembelajarandilakukanpada 3 April sampai 16 April 2014. Subjekpenelitiannyaadalahsiswakelas VIII-C.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkuantitatifdankualitatifsertajenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Metodepengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dokumentasi, catatanlapangdantesformatif. Hasilpenelitianmenunjukkan a)Pelaksanaanpenerapanpendekataninkuiriterpimpindalampembelajaransesuaidengansintakspendekataninkuiriterpimpindansetiappertemuanmengalamiperbaikanataupeningkatankualitaspembelajarannya, b) Penerapan pendekatan inkuiri terpimpin dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dan dari siklus 2 ke siklus 3. Peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 4,25%, sedangkan peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa dari siklus 2 ke siklus 3 sebesar 6,43%, dimana jumlah peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa antara siklus I hingga siklus 3 sebesar 10,68%, c) Penerapan pendekatan inkuiri terpimpin dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6,79%, sedangkan antara siklus 2 dan siklus 3 memiliki peningkatan sebesar 6,75%, total peningkatan hasil belajar dari siklus 1 hingga siklus 3 sebesar 9,81%. Kata Kunci: PendekatanInkuiriTerpimpin, Kemampuan Berpikir Ilmiah, Hasil BelajarBiologi