PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MEDIA DADU KESATUAN PADA SISWA KELAS V SDN GIRIPURNO 02 BATU SEMESTER 1
Main Author: | DEWI, YUARA DWI RATNA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24671/1/jiptummpp-gdl-yudhayulil-34989-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24671/2/jiptummpp-gdl-yudhayulil-34989-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24671/ |
Daftar Isi:
- Yuara, Dwi Ratna Dewi. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menjaga Keutuhan NKRI Melalui Metode Problem Solving dan Media Dadu Kesatuan Pada siswa Kelas V SDN Giripurno 02 Batu Semester 1. Pembimbing: (I) Drs. Nur Widodo, M.Kes. (II) Bustanol Arifin, M.Pd Kata kunci : Metode Problem Solving, Menjaga Keutuhan NKRI Penelitian ini berlatar belakang adanya aktivitas dan hasil belajar siswa tentang Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI yang masih rendah. Hal ini dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, yaitu ceramah dan tanya jawab serta rendahnya penguasaan konsep yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan metode Problem Solving dan Media dadu Kesatuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi pentingnya Memahami keutuhan NKRI pada kelas V SDN Giripurno 02 Batu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Tahap dalam setiap siklus penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Giripurno 02 Batu dengan subjek penelitian siswa kelas V. Data Penelitian diperoleh melalui Observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil observasi dan tes yang dilakukan pada pembelajaran PKn menggunakan metode Problem solving dan Media dadu Kesatuan tentang pentingnya memahami keutuhan NKRI, rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 68% dan pada siklus II meningkat sebesar 81,71%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 69 dengan ketuntasan klasikal 45,2%, pada siklus II rata-rata kelas menjadi 81,4 dengan ketuntasan klasikal 84%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yang menunjukan bahwa penerapan metode Problem Solving dan Media dadu Kesatuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPA materi pentingnya memahami keutuhan NKRI.