PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN MENGGUNAKAN MEDIA CIRCLE CARTON PADA SISWA KELAS IV SDN SEMPOL 04 KECAMATAN PAGAK KABUPATEN MALANG
Main Author: | YULINA, ULFA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24668/1/jiptummpp-gdl-yudhayulil-34989-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24668/2/jiptummpp-gdl-yudhayulil-34989-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24668/ |
Daftar Isi:
- Yulina, Ulfa. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Daur Hidup Hewan Menggunakan Media Circle Carton Pada Siswa Kelas IV SDN Sempol 04 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2014. Pembimbing (I) Dr. Rr. Eko Susetyorini, M.Si. (II) Dyah Worowirastri Ekowati, M.Pd Kata kunci: Pembelajaran IPA SD, Media Circle Carton, Hasil belajar Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti di kelas IV SDN Sempol 04 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang, tergambar rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini disebabkan proses pembelajaran di kelas kurang melibatkan keaktifan siswa, serta metode pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher cebtred), metode pembelajaran kurang bervariasi, guru menerangkan, siswa mencatat hal-hal penting dan member tugas sehingga siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki dan kurang berminat dalam pembelajaran. Hal tersebut menjadikan siswa kurang aktif dan terkesan pasif dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini dituliskan: (1) mengetahui penerapan penggunaan media Circle Carton untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi daur hidup hewan secara sederhana siswa kelas IV SDN Sempol 04 Malang. (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi daur hidup hewan secara sederhana siswa kelas IV SDN Sempol 04 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang setelah diterapkannya media Circle Carton dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan berdasarkan berdasarkan model Kemmis & Taggart dalam Wiriatmadja dengan empat tahap, yaitu; (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas IV SDN Sempol 04 Malang yang berjumlah 16 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sempol 04 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang, serta instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi aktifitas siswa, lembar soal tes dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I, siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu 60 mencapai 9 (56,3%) siswa, dan siswa yang belum memenuhi KKM adalah 7 (43,7%) siswa. Sedangkan hasil belajar siswa pada Siklus II menunjukkan bahwa terdapat 14 (87,5%) siswa yang tuntas memenuhi KKM yang ditentukan, dan II (12,5%) siswa yang belum memenuhi KKM. Pada ketuntasan klasikal di Siklus I siswa yang tuntas memenuhi ketuntasan minimal mencapai 56,3%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas memenuhi ketuntasan minimal mencapai 87,5%. Hal ini membuktikan bahwa pada Siklus II terdapat peningkatan hasil belajar IPA pada materi daur hidup hewan secara sederhana dengan menggunakan media Circle Carton sekitar dari 56,3% menjadi 87,5%.