PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Main Author: | PALUPI, NUNGKY AYU ESTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24666/1/jiptummpp-gdl-yudhayulil-34989-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24666/2/jiptummpp-gdl-yudhayulil-34989-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24666/ |
Daftar Isi:
- Palupi, Nungky Ayu Esti (2014) Pengembangan Buku Pengayaan IPA untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi. Malang. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2014. Pembimbing: (1) Dr. Ribut Wahyu E., M.Si. (II) Drs. Rohmad Widodo, M.Si. Kata Kunci : Pengembangan, Buku Pengayaan dan IPA. Buku pengayaan merupakan buku yang memuat serangkaian materi guna memperkaya pembaca akan materi yang disajikan. Buku pengayaan ini dibuat guna memenuhi kebutuhan siswa kelas III SD karena banyak siswa yang masih kurang paham materi maupun kurang berantusias dalam mengikuti pembelajaran IPA. Setelah dilakukan analisis kebutuhan yang berupa wawancara dan observasi di dua SD yang ada di Malang maka ditemukan bahwa masih dibutuhkannya sebuah buku yang mampu menarik perhatian siswa untuk belajar IPA dan juga kaya akan materi. Buku pengayaan yang dikembangkan oleh peneliti dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Namun pada penelitian kali ini hanya sampai revisi produk saja tidak sampai kepada tahap produksi massal. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli bahan ajar menunjukkan bahwa desain buku pengayaan IPA menunjukkan persentase 76,6% dengan kriteria valid. Hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 88%, sedang hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran IPA SD menunjukka kriteria sangat valid dengan persentase 100%. Selain itu, hasil uji coba produk kelompok kecil pada 10 siswa kelas III SD Muhammadiyah 9 Malang dengan respon positif siswa kelas sebanyak 100%, sedangkan uji kelompok besar kepada 30 siswa kelas III SDN Landungsari 01 menunjukkan persentase sebesar 100%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang berupa Buku Pengayaan IPA dapat dijadikan sebagai bahan ajar IPA di kelas III SD.