PENERAPAN METODE MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V SDN PLUMBON GAMBANG I GUDO
Main Author: | TRIDIANTI, SEPTI WAHYU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24649/1/jiptummpp-gdl-septiwahyu-34981-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24649/2/jiptummpp-gdl-septiwahyu-34981-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24649/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berangkat dari permasalahan belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Plumbon Gambang I kecamatan Gudo , ditemukan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika masih rendah, hal ini diperkuat oleh nilai ulangan harian yang masih rendah. Penyebabnya yaitu: (a) kurangnya interaksi yag terbangun antar siswa, (b) kurangnya latihan soal, (c) metode yang digunakan kurang bervariasi, Sebab itu digunakan Metode Missouri Mathematics Project yang dapat membantu siswa mencari penyelesaian dan mengkomunikasikan pengetahuan yang dimilikinya dengan orang lain, sehingga masing-masing siswa lebih menguasai materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pelaksanaan serta mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V SDN Plumbon Gambang 1 Gudo dengan penerapan Metode Missouri Mathematics Project Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan yaitu salah satu metode untuk menjadikan siswa lebih terampil dalam menyelesaikan soal-soal baik dalam kelompok maupun individu. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika. Rata-rata nilai motivasi siswa pada siklus II yaitu 100 % yang mengalami peningkatan 11,11 % dari 88,88 % pada siklus I. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I dari 18 siswa (72,22) dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu ( 83,33%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media kartu domino untuk peningkatan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan pada kelas V Sekolah Dasar layak dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika materi pecahan.