PERAN GURU DALAM BUDAYA SEKOLAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN MOJOLANGU 1 MALANG

Main Author: RAHAYU, DWI RETNO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24634/1/jiptummpp-gdl-dwiretnora-34990-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24634/2/jiptummpp-gdl-dwiretnora-34990-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24634/
Daftar Isi:
  • Peran guru sangat beragam, guru tidak hanya mengajar di dalam kelas akan tetapi guru harus mampu menjadikan peserta didiknya menjadi manusia yang sempurna baik dalam bidang akademik maupun akhlak. Budaya sekolah merupakan kualitas kehidupan sebuah sekolah yang tumbuh dan berkembang berdasarkan spirit dan nilai-nilai tertentu yang dianut sekolah. Karakter peserta didik adalah usaha aktif untuk membentuk kebiasaan (habit) sehingga sifat anak akan terukir sejak dini, agar dapat mengambil keputusan dengan baik dan bijak serta mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui peran guru dalam budaya sekolah untuk membentuk karakter peserta didik SDN Mojolangu 1 Malang. (2) mengetahui bentuk budaya sekolah apa saja yang diterapkan guru kepada peserta didik di SDN Mojolangu 1 Malang. (3) mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam budaya sekolah di SDN Mojolangu 1 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara ditujukan kepada kepala sekolah beserta guru-guru SDN Mojolangu 1 Malang yang bertujuan untuk mengetahui peran guru menciptakan budaya sekolah dalam membentuk karakter peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam budaya sekolah untuk membentuk karakter peserta didik memiliki peran yang sangat penting dan beragam, peran atau tugas guru tidak mudah, guru mengemban amanah yang cukup berat yaitu ikut membina pribadi anak disamping mengajarkan pengetahuan kepada anak. Peran guru dalam budaya sekolah adalah (1) guru sebagai pendidik dan pengajar, (2) guru sebagai pembimbing, (3) guru sebagai motivator. Bentuk-bentuk budaya sekolah yang ada di SDN Mojolangu 1 Malang adalah budaya kedisiplinan, budaya keagamaan (religius), budaya kebersihan (peduli lingkungan), budaya toleransi, budaya jujur, budaya peduli sosial. Selain budaya-budaya tersebut budaya lokal yang juga terus dilestarikan adalah bahasa daerah dan kesenian tarian tradisional. Penerapan budaya sekolah berbasis karakter dapat dilakukan melalui pembiasaan keteladanan, pembiasaan spontan, pembiasaan rutin dan pengondisian. Masih banyak kendala yang dialami dalam budaya sekolah yaitu peserta didik, sarana prasarana, lingkungan, orang tua dan perkembangan IPTEK.