PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI FOTOSINTESIS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN SUKOMULYO 03 PUJON KABUPATEN MALANG

Main Author: Purwantoro, Hadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24625/1/jiptummpp-gdl-hadipurwan-35119-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24625/2/jiptummpp-gdl-hadipurwan-35119-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24625/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini diawali dari hasil wawancara terdapat kesulitan yang dialami siswa SDN Sukomulyo 03 Pujon Kabupaten Malang. Kesulitan yang dimaksudkan adalah siswa kurang melakukan eksperimen karena kurang tersedianya peralatan eksperimen di sekolah. Sedangkan siswa hanya diberi pembelajaran dengan konsep-konsep saja tanpa praktikum. Siswa tidak memiliki motivasi belajar dan siswa hanya bersifat pasif yang hanya duduk dan mendengarkan ceramah dari guru, media dan sumber belajar yang digunakan hanya LKS dan buku paket. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode Eksperimenserta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA setelah menggunakan metode Eksperimen pada kelas V SDN Sukomulyo 03 Pujon Kabupaten Malang. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 13 November 2013 sampai dengan 29 November 2013 di SDN Sukomulyo 03 Pujon Kabupaten Malang. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tes evaluasi di setiap akhir siklus, hasil belajar IPA materi fotosintesis dengan menggunakan metode Eksperimenmengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan prosentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 jika dibandingkan dengan siklus 2. Prosentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 52.63% meningkat menjadi 84.2% pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode Eksperimendapat meningkatkan hasil belajar IPA materi fotosintesis pada siswa kelas V SDN Sukomulyo 03 Pujon Kabupaten Malang.