PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING MATERI KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS IV SDN TAMBAKAN 01 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR
Main Author: | SARI, IMANIAR FEBRI YUSPITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24620/1/jiptummpp-gdl-imaniarfeb-35121-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24620/2/jiptummpp-gdl-imaniarfeb-35121-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24620/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, siswa mengalami banyak permasalahan terhadap pembelajaran IPS. Permasalahan ini berawal dari : pelaksanaan pembelajaran bersifat konvensional dan guru hanya mengejar target dalam menyampaian materi, kurangnya model pembelajaran, kurangnya pemanfaatan sumber dan media pembelajaran sertasuasana belajar kurang menyenangkan. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran yang aktif dan menyenangkan yaitu model pembelajaran snowball throwing. Dengan pembelajaran tersebut siswa lebih mudah dalam memahami materi serta agar lebih tanggap terhadap siswa lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Snowball Throwing serta mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dalam penerapan model Snowball Throwing siswa kelas IV SDN Tambakan 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2013. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan berupa hasil tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif diskriptif. Berdasarkan hasil evaluasi tiap-tiap siklus dengan penerapan model Snowball Throwing rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata nlai siswa 64,48 dengan prosentase ketuntasan klasikal 55,2%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata nilai siswa 75,24 dengan prosentase ketuntasan klasikal 82,76%. Hal ini terjadi peningkatan sebesar 27,56% dan telah mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70% dari siswa yang mengikuti tes. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Tambakan 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar.