PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA DALAM STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENJELASKAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN BANARAN TRENGGALEK

Main Author: FAUZI, MUHAMMAD HAMDAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24616/1/jiptummpp-gdl-muhammadha-35122-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24616/2/jiptummpp-gdl-muhammadha-35122-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24616/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDN Banaran Trenggalek. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan buku penunjang/LKS sehingga siswa cenderung pasif dalam menerima materi. Akibat yang terjadi adalah siswa merasa bosan, siswa malas dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Hasil rata-rata nilai ulangan siswa masih dibawah KKM yaitu 63% . Selain hasil belajar keterampilan menjelaskan siswa juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media diorama dalam STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan menjelaskan IPA kelas IV. Tujuan selanjutnya adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan media diorama dalam STAD pada siswa kelas IV. Serta tujuan yang terakhir adalah untuk meningkatkan keterampilan menjelaskan IPA menggunakan media diorama dalam STAD pada siswa kelas IV. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian tindakan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Banaran Trenggalek dan waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, tes dan penilaian keterampilan menjelaskan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media diorama dalam STAD proses pembelajaran berjalan dengan baik dan hasil belajar siswa serta keterampilan menjelaskan siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil pengamatan proses belajar siswa mengalami peningkatan.Hasil belajar pada siklus I dari 20 siswa terdapat 12 siswa yang telah tuntas dengan nilai diatas 65 dan pada siklus II dari 20 siswa terdapat 16 siswa yang tuntas diatas 65. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 60% siswa telah mencapai KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80% siswa telah mencapai KKM. Keterampilan menjelaskan dari 20 siswa terdapat 13 siswa yang telah menyampaikan penjelasan dalam proses pembelajaran dengan nilai total secara klasikal adalah 42,55. Pada siklus II semua siswa telah menyampaikan penjelasan dalam proses pembelajaran dengan nilai total secara klasikal adalah 71,75. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggunaan media diorama dalam STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan menjelaskan IPA siswa kelas IV SDN Banaran Trenggalek.