HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TLOGOMAS 1 KOTA MALANG
Main Author: | PRATIWI, FITA EKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24608/1/jiptummpp-gdl-fitaekapra-35181-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24608/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan bagi anak tidak dapat dilepaskan dari peran serta orang tua. Orang tua berperan penting dalam hal memberikan motivasi kepada anak sehingga akan berprestasi di sekolah. Akan tetapi tidak semua orang tua melakukan hal tersebut. Karena kurang adanya dukungan dari orang tua untuk berprestasi di sekolah, sehingga banyak siswa masih kurang percaya diri dan malu-malu dalam menyampaikan pendapatnya. Sebagian siswa kurang bersemangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mencari tahu bentuk-bentuk pola asuh yang dilakukan oleh orang tua ketika di rumah, bagaimana hubungan antara pola asuh terhadap motivasi belajar serta bagaimana hubungan pola asuh terhadap prestasi siswa di sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, pendekatannya menggunakan pendekatan kalitatif kuantitatif. Data dalam penelitian ini berupa nilai siswa, respon orang tua dalam bentuk pernyataan dan tertulis. Data diperoleh melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Sumber data untuk penelitian ini adalah siswa, orang tua dan guru. Teknik analisis data adalah deskriptif yang hanya menjelaskan hubungan yang sedernaha antar variabel. Untuk mengetahui pola asuh orang tua digunakan dasar perhitungan Z score. Untuk variabel motivasi dan prestasi menggunakan kelas interval. Hubungan antar variabel dapat diketahui dari tabel silang dan uji statistik yaitu chi square yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bagaimana bentuk-bentuk pola asuh yang dilakukan oleh orang tua siswa kelas IV SDN Tlogomas 1 Kota Malang diantaranya yaitu (a) pola asuh otoriter (33,3%), (b) pola asuh demokratis (46,7%), (c) pola asuh permisif (20%). Pola asuh orang tua memberikan kotribusi sebesar 31,4% dalam menentukan tinggi rendahnya motivasi belajar siswa. Pola asuh orang tua memberikan kontribusi sebesar 46,6% dalam menentukan tingkat prestasi belajar siswa.