PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA CELENGAN GAMBAR (CELGAM) MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA KELAS IV SDN BENDOSARI 02 PUJON KABUPATEN MALANG

Main Author: Hardian, Apriani Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24598/1/jiptummpp-gdl-aprianidwi-35192-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24598/2/jiptummpp-gdl-aprianidwi-35192-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24598/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas IV SDN Bendosari 02 Pujon Kabupaten Malang, terdapat rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Hal ini disebabkan, karena guru masih kesulitan dalam menentukan media pembelajaran yang cocok dengan pelajaran. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini diantaranya: (1) mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan media celengan gambar (CELGAM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di SDN Bendosari 02 Pujon Kabupaten Malang. (2) mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media celengan gambar (CELGAM) siswa kelas IV materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di SDN Bendosari 02 Pujon Kabupaten Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang digunakan dari model Kemmis & Mc. Taggart (dalam Uno, 2012:87) dengan 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan. (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas IV SDN Bendosari 02 Pujon Kabupaten Malang dengan jumlah 19 siswa. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Bendosari 02 Pujon Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, teknik tes dan dokumentasi, serta instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar soal tes evaluasi, pedoman wawancara, serta dokumentasi. Hasil belajar siswa pada penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I, siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu 70 mencapai 11 siswa atau 61.11% dan siswa yang belum tuntas memenuhi KKM ada 7 orang atau 38.89%. sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II menunjukan terdapat 15 siswa atau 83.33% yang tuntas memenuhi KKM yang ditentukan, dan 3 siswa atau 16.67% belum memenuhi KKM yang diberikan. Pada ketuntasan klasikal sisklus I siswa yang tuntas memenuhi ketuntasan minimal mencapai 61.11% sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas memenuhi ketuntasan minimal mencapai 83.33%. hal ini membuktikan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar IPA pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan media celengan gambar (CELGAM) dari 61.11% (tinggi) menjadi 83.33% (sangat tinggi).