Penerapan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peninggalan-Peninggalan Sejarah Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN Dhompo 1 Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan
Main Author: | ISWANTI, FITRI EKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24594/1/jiptummpp-gdl-fitriekais-35203-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24594/2/jiptummpp-gdl-fitriekais-35203-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24594/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal terdapat kesulitan yang dialami siswa SDN Dhompo 1 Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Kesulitan yang dimaksudkan adalah siswa kurang berinteraksi dengan teman maupun dengan guru, siswa cenderung diam dan pasif apabila tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru, dan kurangnya keberanian siswa dalam bertanya atau berpendapat. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penggunaan metode group investigation serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS setelah menggunakan metode group investigation pada kelas V SDN Dhompo 1 Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2013 sampai dengan 17 Oktober 2013 di SDN Dhompo 1 Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tes evaluasi di setiap akhir siklus, hasil belajar IPS materi peninggalan-peninggalan sejarah dengan menggunakan metode group investigation mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 jika dibandingkan dengan siklus 2. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 55,55% meningkat menjadi 88,9% pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi peninggalan-peninggalan sejarah pada siswa kelas V SDN Dhompo 1 Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan.