PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULISMELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SDN DHOMPO I KECAMATAN KRATON KABUPATEN PASURUAN

Main Author: ARTIQ, RAHMAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24553/1/jiptummpp-gdl-rahmawatia-35784-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24553/2/jiptummpp-gdl-rahmawatia-35784-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24553/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat kesulitan yang dialami siswa kelas V SDN Dhompo I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan. Kesulitan yang dimaksud adalah siswa kesulitan dalam menuangkan gagasannya kedalam sebuah paragraf siswa juga masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan yang baik dan runtut. Hal ini dapat dimengerti karena dalam pembelajaran menulis karangan berorientasi pada guru serta belum digunakannya metode pembelajaran yang bervariasi. Siswa sebagai objek di dalam kelas yang mendengarkan penjelasan guru. Siswa menjadi bosan dan jenuh terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa kstuntasan belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untulq (l) mendeskripsikan penggunaan metode Picture and Picture. (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar keterampilan menulis karangan setelah menggunakan metode Picture and Picture. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 2l November 2013 sampai dengan 30 November 2013 di SDN Dhompo I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang berupa produk (karangan) pada setiap siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan produk. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis pembahasan penelitian, dapat diketahui (1) penggunaan metode Picture and Picturemembantu siswa memahami konsep menulis karangan yang baik secara konkrit. Pada dasarnya anak usia SD itu masih membutuhkan sesuatu yang konkrit untuk membuka pemahaman dan menggali pengalaman serta imajinasi siswa. (2) keterampilan menulis pada materi menulis karangan dengan menggunakan metode Picture and Picturemengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I jika dibandingkan dengan siklus II, persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 63% meningkat menjadi 93% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis pada materi menulis karangan siswa kelas V SDN Dhompo I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan.