PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR SEDERHANA MELALUI METODE SENTRA LINGKARAN SISWA KELAS V SDN BULUKERTO 3 BATU
Main Author: | INDRAWATI, RIRIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24547/1/jiptummpp-gdl-ririnindra-35823-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24547/2/jiptummpp-gdl-ririnindra-35823-1-1.penda-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24547/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal yang terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa SDN Bulukerto 3 pada materi menghitung luas bangun datar sederhana. Siswa sulit untuk menghafal dan menerapkan rumus bangun datar tersebut. Hal ini terjadi karena pembelajaran berpusat kepada guru dan kurang mengembangkan potensi dan kemampuan siswa, pembelajaran juga berlangsung secara klasikal menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta menerapkan metode Sentra Lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri dari 2 siklus penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bulukerto 3. Penelitian menggunakan metode Sentra Lingkaran. Metode ini merupakan metode yang berbasis pada sentra main dan saat anak pada lingkaran. Sentra yang digunakan pada penelitian ini adalah sentra konstruksi , sentra seni dan kreasi serta sentra bermain peran. Siklus pertama dilakukan selama dua kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 3 tahap kegiatan. Fokus penelitian pada siklus I adalah mencari rumus trapesium dengan cara mengkonstruksi trapesium menjadi persegi panjang. Siklus kedua merupakan tindak lanjut dari siklus I, fokus pada menghitung luas layang-layang. Selanjutnya dilakukan evaluasi untuk mengetahui perkembangan kognitif siswa tentang materi menghitung luas bangun datar sederhana. Dari hasil evaluasi diketahui bahwa kemampuan kognitif siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 54,45% menjadi 90,9 % pada siklus II. Terdapat 5 siswa yang tidak mencapai KKM pada siklus I dan jumlah tersebut menurun menjadi 1 siswa pada siklus II. Metode Sentra Lingkaran dapat diterapkan sebagai salah satu metode untuk mengajar matematika terutama materi luas bangun datar sederhana. Metode ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti dengan meningkatnya ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II, yang semula hanya 54,45% menjadi 90,9%. Ketuntasan klasikal pada siklus II 90,9% sudah mencapai kriteria keberhasilan yaitu 80%.