PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Think-Pair-Share (TPS) DENGAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VIII-A SMP PGRI 01 NGAJUM
Main Author: | HIDAYAT, NURUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24539/1/jiptummpp-gdl-nurulhiday-35107-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24539/2/jiptummpp-gdl-nurulhiday-35107-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24539/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas VIII-A SMP PGRI 01 Ngajum Kab. Malang pada mata pelajaran IPA menunjukkan bahwa bahwa pada saat proses pembelajaran berlangsung hanya sebagian kecil siswa yang terlibat baik saat kelompok ataupun mandiri, sebagian siswa terkadang terlihat mengobrol dengan temannya dan tidak memperhatikan materi yang disampaikan guru sehingga aktivitas belajar siswa rendah. Selain itu dari hasil wawancara dengan guru IPA di kelas VIII-A guru hanya sering menggunakan metode ceramah dan jarang menggunakan sebuah media, karena tidak semua media yang dimiliki sekolah dapat mendukung pembelajaran yang ada. Akibat dari permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai ulangan harian pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Maksimal) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Menunjukkan bahwa dari 28 siswa yang ada, memiliki persentase ketuntasan belajar hanya 53,57%, sedangkan persentase ketidaktuntasan mencapai 46,43%, dengan rata-rata kelas hanya 65,5. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan deskriptif kualitatif.Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dengan kartu bergambar dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII-A SMP PGRI 1 Ngajum (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dengan kartu bergambar pada siswa kelas VIII-A SMP PGRI 1 Ngajum (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dengan kartu bergambar pada siswa kelas VIII-A SMP PGRI 1 Ngajum. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dengan kartu bergambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII-A SMP PGRI 1 Ngajum. Berdasrkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa selama pembelajaran siklus 1 sebesar 62,5% , sedangkan pada siklu 2 mengalami peningkatan menjadi 82,7 %. dan berdasrkan hasil belajar siswa siklus 1 menunjukkan siswa memperoleh nilai ≥ KKM yaitu 75 dengan persentase 61,5%, sedangkan hasil belajar siklus 2 menunjukkan bahwa siswa memperoleh ≥ KKM yaitu 75 dengan persentase 84,6%.