PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK KELAS V SD NEGERI SRIBIT 1 SRAGEN

Main Author: SARI, ITA MAYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24527/1/jiptummpp-gdl-itamayasar-35827-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24527/2/jiptummpp-gdl-itamayasar-35827-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24527/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini diawali dari hasil wawancara, terdapat adanya guru yang masih kesulitan menemukan sumber atau media yang tepat dan memiliki keefektifan yang tinggi dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dimengerti dalam proses pembelajaran IPA media yang digunakan adalah media dengan gambar-gambar yang terkadang membuat siswa merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran dengan multimedia interaktif. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kuantitatif atau experimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest, pretest sebelum ada perlakuan dan posttest sesudah ada perlakuan. Pembelajaran IPA dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan multimedia interaktif yang memadukan grafik, teks, suara dan animasi secara baik dimana setiap user dapat berinteraksi sesuai dengan keperluannya untuk memberikan solusi supaya proses pembelajaran IPA lebih interaktif. Pengaruh penggunaan multimedia interaktif ini hasil belajar IPA yang lebih baik, motivasi siswa lebih tinggi, kegiatan belajar mengajar di kelas siswa lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil tes pembelajaran, diketahui rata-rata nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada rata-rata nilai sebelum ada perlakuan multimedia interakti adalah 47,50 dan rata-rata nilai sesudah ada perlakuan multimedia interaktif adalah 83,63.