AKTIVITAS HUMAS KANTOR PAJAK DALAM KAMPANYE “BANGGA BAYAR PAJAK” (Studi pada Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III)

Main Author: Yuanita, Adelin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24367/1/jiptummpp-gdl-adelinyuan-35088-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24367/2/jiptummpp-gdl-adelinyuan-35088-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24367/
Daftar Isi:
  • Penelitian dilatar belakangi adanya slogan baru perpajakan yaitu “Bangga Bayar Pajak” yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk menggantikan slogan-slogan yang telah ada sebelumnya. Adanya slogan tersebut, bertujuan untuk membuat masyarakat semakin sadar pajak dan berbangga hati sekecil apapun yang berikan terhadap Negara. Slogan perpajakan merupakan salah satu bagian dari kampanye sadar pajak. Tentunya, diperlukan aktivitas-aktivitas agar slogan tersebut dikenal masyarakat dan keinginan instansi dapat terwujud. Berdasarkan hal di atas penelitian ini dilakukan, untuk mengetahui apa saja aktivitas Humas dalam kampanye “Bangga Bayar Pajak. Humas dalam Kantor Pajak tergabung dalam Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarkat (P2Humas). Bidang ini merupakan salah satu bidang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, baik wajib pajak, wajib pajak baru maupun calon wajib pajak. Bidang P2Humas bertugas untuk menjalin komunikasi yang baik dengan publiknya untuk meningkatkan sadar pajak dan tentunya kebanggaan terhadap pajak. Penelitian dilakukan menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, serta di dukung dengan dokumentasi. Hasil yang di dapat, dalam kampanye “Bangga Bayar Pajak, bidang P2Humas melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan langsung dengan target khalayaknya. Aktivitas tersebut diantaranya Kampanye Simpatik, Woro-Woro Perpajakan, Road to Launching Tax Center UMM, Jalan Sehat, Seminar serta Dialog Interaktif. Untuk mendukung suksesnya kampanye, P2Humas melakukan kerjasama dengan media-media baik cetak, audio maupun audiovisual. Dari penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa aktivitas yang dilakukan bidang P2Humas tidak jauh berbeda dengan yang telah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan terletak pada slogan yang diusung dan berpengaruh terhadap tema yang digunakan baik pada kegiatan yang dihelat dan juga media publikasi. Hal tersebut dikarenakan kampanye sadar pajak merupakan kegiatan rutin. Sehingga, terlepas apapun slogannya, tujuan utama dari instansi dari tahun ke tahun tetaplah sama yaitu meningkatkan kepatuhan dan penghimpunan pajak. Namun, dengan adanya slogan “Bangga Bayar Pajak” diharapkan ada kebanggaan tersendiri dalam diri wajib pajak sehingga pajak dianggap sebagai sesuatu yang penting. Dengan adanya rasa bangga, masyarakat akan semakin peduli terhadap pajak yang berujung pada bertambahnya pendapatan negara dari sektor pajak.