IMPLEMENTASI PENGGUNAAN LKS PPKn GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 TRENGGALEK
Main Author: | Perlinda, Feptika Yuna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24347/1/jiptummpp-gdl-feptikayun-43027-1-pendahul-1.pdf http://eprints.umm.ac.id/24347/2/jiptummpp-gdl-feptikayun-43027-2-1.babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24347/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan manusia indonesia dalam upaya mewujudkan tujuan nasional sebagai perwujudan dari undang-undang dasar 1945 dalam Upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur. serta visi misi dari pendidikan nasional salah satunya adalah berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. untuk itu di butuhkan media pembelajaran yang dinamis yaitu Lembar Kegiatan Siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggunaan LKS PPKn untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Trenggalek, mengetahui faktor penghambat dari penggunaan LKS tersebut dan untuk mengetahui solusi apa yang dilakukan guru untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif dan menggunakan penelitian Kualitatif atau penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 di Jl. Brigjen Sutran No. 03 Trenggalek, dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penggunaan LKS di SMK ini sangat baik dan sangat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa ini di tunjukkan dengan hasil rata-rata tes awal siswa dari yang belum diajarkan menggunakan LKS yaitu mendapatkan nilai rata-rata 40 dan ketika sudah diajarkan menggunakan LKS mendapatkan nilai rata-rata 81,5. Hambatan yang dialami guru adalah banyak siswa yang malas membaca dan tidak memiliki LKS, selain itu guru jura sering tidak bisa menjawab pertanyaan siswa mengenai materi yang siswa kurang fahami sehingga hal tersebut dapat membuat siswa tidak dapat memahami dengan baik materi-materi yang ada di LKS. oleh karena itu hal ini sangat mengganggu proses belajar mengajar berlangsung dan dapat menurunkan prestasi belajar siswa. Hambatan ini dapat diatasi dengan cara memberi motivasi serta sanksi ringan kepada siswa agar lebih jera serta guru perlu meningkatkan pemahaman materi pembelajaran sehingga tidak akan terjadi kendala didalam proses belajar mengajar di kelas. Kesimpulan bahwa dengan adanya buku LKS ini prestasi belajar siswa meningkat dan guru maupun siswa lebih menghemat waktu. dan mempergunakan waktu yang ada untuk belajar berdiskusi maupun mengerjakan soal-soal yang ada di LKS sehingga akan membuat siswa lebih mandiri dan aktif.