BUDAYA KOMUNIKASI ORGANISASI PADA CV. ANEKA KARYA PASURUAN
Main Author: | ALDINATA, MIEN JULIAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24336/1/jiptummpp-gdl-mienjulian-35153-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24336/2/jiptummpp-gdl-mienjulian-35153-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24336/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berawal dari komunikasi hingga berimbas pada sikap negatif beberapa karyawan perusahan. Seperti halnya yang terjadi pada CV. Aneka karya Pasuruan, terjadi kondisi dimana beberapa karyawan melakukan kecurangan dengan menerima order konsumen tanpa sepengetahuan pihak manajemen perusahaan. Melihat hal tersebut, peneliti berasumsi komunikasi yang tidak efektif dalam suatu organisasi bisa berakibat buruk, baik untuk individu, maupun perusahaan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana implementasi komunikasi organisasi CV. Aneka Karya Pasuruan, dan menemukan budaya komunikasi organisasi dalam perusahaan. Budaya komunikasi organisasi merupakan kebiasaan bagaimana individu/ orang-orang yang ada dalam organisasi saling menyampaikan informasi. Budaya komunikasi organisasi menyangkut pertukaran informasi antara atasan dan bawahan, maupun antar karyawan sehingga pesan bisa disampaikan dan diterima dengan baik. Selain itu, budaya komunikasi organisasi juga mencakup bagaimana komunikasi itu sendiri bisa terbangun secara sadar (disengaja) maupun tidak sadar (tidak disengaja) melalui kebiasaan pola komunikasi yang dilakukan oleh masing-masing individu di dalam organisasi/ perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pada Bab Pembahasan, peneliti menyajikan data-data tertulis yang akan menjadi fokus penelitian melalui deskripsi budaya komunikasi organisasi yang ada pada CV. Aneka Karya Pasuruan. Subyek penelitian adalah pihak manajemen dan karyawan CV. Aneka Karya Pasuruan. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling) dengan menentukan kriteria subjek penelitian. Data diperoleh melalui observasi langsung dan wawancara mendalam yang terstruktur pada subjek penelitian. Hasil penelitian, peneliti tidak menemukan penetapan dan pemberlakuan budaya organisasi komunikasi pada CV. Aneka Karya Pasuruan. Tetapi terdapat beberapa kebiasaan yang secara tidak sadar telah terbangun di dalam perusahaan dan menjadi budaya komunikasi organisasi. Misalnya, kebiasaan komunikasi antar karyawan yang dilakukan secara lisan. Selain itu, pada perusahaan ini juga tidak terdapat komunikasi formal antar karyawan bahkan antara karyawan (low level management) dengan pimpinan perusahaan (top level management). Dalam perusahaan juga secara tidak sadar (karena adanya kebiasaan) telah terbangun sebuah pola komunikasi satu arah. Pada prakteknya, kebanyakan dari karyawan tidak pernah menyampaikan secara langsung saran atau pendapat mereka terkait produktivitas maupun fasilitas perusahaan. Peneliti juga menyimpulkan bahwa budaya komunikasi organisasi yang membangun komunikasi informal dalam perusahaan walaupun terjadi secara satu arah, khususnya menyangkut koordinasi antar pimpinan dan bawahan, membuat iklim organisasi kondusif dan karyawannya merasa nyaman bekerja. Sementara itu, terkait dengan media internal perusahaan, peneliti menemukan bahwa perusahaan ini tidak membutuhkan media internal, dikarenakan perusahaan CV. Aneka Karya Pasuruan merupakan perusahaan dalam skala kecil. Sehingga tidak membutuhkan media khusus untuk berkomunikasi secara internal.