PERAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORALITAS ANAK DI DESA SOKI KECAMATAN BELO KABUPATEN BIMA

Main Author: ARIFIN,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24310/1/jiptummpp-gdl-arifin0935-34670-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24310/2/jiptummpp-gdl-arifin0935-34670-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24310/
Daftar Isi:
  • Pola asuh adalah suatu cara terbaik yang dapat ditempuh orangtua dalam mendidikanak-anaknya sebagai perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak-anaknya. Kaitannya dengan pendidikan berarti orangtua mempunyai tanggung jawab yang disebut tanggung jawab primer, maksudnya adalah tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh orangtua, kalau tidak maka anak-anaknya akan mengalami kebodohan dan lemah dalam menghadapi kehidupan pada zamannya. Anak pada dasarnya merupakan amanat yang harus dipelihara dan keberadaan anak itu merupakan hasil daribuah kasih sayang antara ibu dan bapak yang diikat oleh tali perkawinaan dalam rumah tangga yang sakinah sejalan dengan harapan Islam. Dari pendapat di atas maka penulis mengambil judul “Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Moralitas Anak” dengan rumusan masalah: 1. Bagaimana peran pola asuh orangtua terhadap perkembangna moraliras anak; 2. Bagimana kendala-kendala yang dihadapi dalam pola asuh orangtua terhadap perkembangan moralitas anak; 3. Bagaimana solusi yang diambil orangtua dalam tas anak. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk mengkaji “Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Moralitas Anak” adalah jenis penelitian kualitatif artinya data-data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara, catatan lapangan, dokumen, kajian pustaka terhadap sumber-sumber yang dianggap dapat memberikan data dan informasi yang baik dan lengkap maupun dokumen resmi lainnya yang berkaitan dengan peran pola asuh orangtua terhadap perkembangan moralitas anak. Adapun hasil penelitian yang memuat beberapa poin penting yaitu sebagai berikut: Peran pola asuh orangtua (1) Orangtua menjadi tauladan bagi serta pengatur bagi anak-anak; (2) orangtua berada di tengah-tengan anak-anak sekaligus menjadi motivator bagi anak-anak serta menjadi contoh bagi anak-anak mereka. Kendala-kendala yang dihadapi (1) terjadi pengaruh lingkungan yang mempengaruhi tingkah pola anak; (2) lingkungan yang sering terjadi konflik menjadi pengaruh tersendiri dalam membina moral anak. Solusi yang di ambil: (1) orangtua melakukan pengawasan terhadap pergaulan anak; (2) membiasakan anak untuk melakukan kebiasaan baik seperti mengaji, sholat dan (3) orangtua melakukan pendekatan emosional untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh anak. Kata Kunci: Pola Asuh, Orangtua, moralitas dan Anak.