ANALISIS PENGUKURAN KINERJA BERDASARKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk, WITEL JATIM TENGAH (KEDIRI)

Main Author: Prasetya, Muhammad Ichwan Causa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24123/1/jiptummpp-gdl-muhammadic-37292-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24123/2/jiptummpp-gdl-muhammadic-37292-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24123/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan mengkaji kinerja PT. TelkomWitel Jatim Tengah (Kediri) dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard pada tahun 2010 sampai dengan 2012. Terdapat empat perspektif Balanced Scorecard, yakni perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat kulitatif dan perhitungan secara kuantitatif disesuaikan dengan empat Perspektif dalam Balanced Scorecard. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja perusahaan pada PT. Telkom Witel Jatim Tengah (Kediri) cukup baik, hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator didalam keempat perspektif Balanced Scorecard, yakni perspektif keuangan sudah dikatakan baik, akan tetapi pada perspektif pelanggan masih dikatakan cukup baik, pada perspektif proses bisnis internal PT. Telkom Witel Jatim Tengah (Kediri) menunjukkan keseriusannya dalam menyelesaikan layanan/penjualan sesuai dengan tingkat jaminan layanan yang dijanjikan perusahan “service level guarantee” (SLG), dan yang terakhir pada persperktif pembelajaran dan pertumbuhan juga sudah dikatakan baik.