ANALISIS BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA BATU
Main Author: | Ridho, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24094/1/jiptummpp-gdl-muhammadri-37737-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24094/2/jiptummpp-gdl-muhammadri-37737-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24094/ |
Daftar Isi:
- Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja perusahaan dan manfaat pengukuran kinerja melalui metode Balanced Scorecard pada Perusahaan Daerah Air Minum melalui empat perspektif. Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan dokumentasi. Kemudian dari data-data tersebut dilakukan suatu analisis serta evaluasi terhadap pengukuran kinerja perusahaan dengan metode Balanced Scorecard. Sedangkan tolak ukur yang digunakan untuk mengukur kinerja melalui empat prespektif dalam Balanced Scorecard adalah ROI (Return on investment), Profit Margin on Sales (PMoS) dan Growth Rate In Sales (perspektif keuangan), Number Of Complain, Number of New Customer (perspektif pelanggan),Yield Rate, Unaccaounted For Water dan Penanganan Pengaduan (perspektif bisnis internal), Employee turnover dan Absenteeism (pespektif pembelajaran dan pertumbuhan). Berdasarkan analisis dari keempat perpektif yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam pengukuran kinerja tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan sebab – akibat dari perpektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pelanggan dengan perspektif keuangan. Dengan kinerja perpektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pelanggan yang baik dapat memberikan peningkatan keuntungan pada kinerja keuangan hotel sebagai tujuan dari keberhasilan perusahaan. Kata Kunci : Balanced Scorecard, pengukuran kinerja, PDAM