ANALISIS BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) (STUDI KASUS PADA STASIUN KERETA API KOTA BLITAR)
Main Author: | Arianto, Priyo Hadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24074/1/jiptummpp-gdl-priyohadia-37960-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24074/2/jiptummpp-gdl-priyohadia-37960-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24074/ |
Daftar Isi:
- Dalam persaingan dunia bisnis secara global saat ini, pengukuran kinerja tradisional tidak cukup menggambarkan kondisi perusahaan secara keseluruhan. Dengan Balanced Scorecard penilaian kinerja mencakup seluruh aspek yang dapat menggambarkan kondisi perusahaaan, baik internal maupun eksternal. Balanced Scorecard memiliki keunggulan tersendiri, yaitu: komprehensif, koheren, seimbang dan terukur. Dengan keunggulan tersebut Balanced Scorecard menetapkan keempat perspektif untuk mengukur kinerja perusahaan melalui perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran Penelitian ini menggunakan data tahun 2011-2013 dan dilakukan di Stasiun Kereta Api Kota Blitar untuk seluruh perspektif. Dalam perspektif pelanggan (penumpang) digunakan indikator mengukur kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PT. KAI. Dalam perspektif bisnis internal, digunakan indikator inovasi yang dilakukan Stasiun Kota Blitar. Untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, indikator pengukuran yang digunakan adalah pelatihan karyawan, retensi karyawan, dan absensi karyawan. Dalam perspektif keuangan, digunakan indikator pengukuran pertumbuhan pendapatan. Hasil dari penelitian ini adalah penilaian kinerja pada Stasiun Kereta Api Kota Blitar dapat dinilai secara lebih menyeluruh, bukan hanya pada sisi keuangan tetapi juga dari sisi non keuangan yaitu perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Dari hasil analisis yang dilakukan, dapat dikatakan kinerja Stasiun Kereta Api Kota Blitar mendapat prestasi diatas standar yang telah ditetapkan sebelumnya. Kata kunci: Balanced Scorecard