PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( Studi Kasus pada PT. BPR. Sedayadhana Makmur Tumpang periode 2011- 2013)

Main Author: Pratama, Rizky Yudha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24071/1/jiptummpp-gdl-rizkyyudha-37962-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24071/2/jiptummpp-gdl-rizkyyudha-37962-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24071/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja BPR Sedayadhana Makmur dengan menggunakan konsep balanced scorecard pada BPR Sedayadhana Makmur Tumpang. Kegunaan penelitian ini untuk bank dapat memberikan sesuatu pandangan teoritis dan taktis dalam hal pengukuran kinerja yang didasarkan pada strategi bank melalui balanced scorecard. Hasil perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, menunjukkan bahwa bank belum sepenuhnya memperhatikan motivasi para karyawan yang dimiliki untuk bekerja. Tingkat absensi karyawan menunjukkan adanya peningkatan dan bank berupaya meningkatkan kualitas sumberdaya yang dimiliki dengan pelatihan karyawan. Perspektif proses bisnis internal menunjukkan bank belum maksimal dalam melakukan penambahan unit. Tinjauan dari AETR (Administrative Expense to Total Reveneu) memperlihatkan masih kurang efektif dan efesien atas transaksi yang dilakukan. Perspektif Pelanggan menunjukkan penurunan kemampuan bank untuk mendapatkan nasabah baru. Perspektif keuangan diperoleh hasil bahwa bank belum efisien dalam menggunakan aset totalnya. Pihak bank juga belum efektif dalam aspek penggunaan dana modal sendiri untuk menghasilkan keuntungan. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu bank semestinya meningkatkan motivasi serta kedisiplinan karyawan, penggunaan aset dan modal sendiri secara maksimal, memperhatikan fasilitas yang mampu memberikan jaminan kualitas. Kata Kunci: Kinerja Bank dan Konsep Balanced Scorecard