PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA UNTUK PENINGKATAN KINERJA PADA HOTEL UMM INN MALANG
Main Author: | Prabowo, Lucky Andi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24033/1/jiptummpp-gdl-luckyandip-37995-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24033/2/jiptummpp-gdl-luckyandip-37995-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24033/ |
Daftar Isi:
- Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja perusahaan dan manfaat pengukuran kinerja melalui metode Balanced Scorecard pada Hotel UMM Inn melalui empat perspektif. Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan dokumentasi. Kemudian dari data-data tersebut dilakukan suatu analisis serta evaluasi terhadap pengukuran kinerja perusahaan dengan metode Balanced Scorecard. Sedangkan tolak ukur yang digunakan untuk mengukur kinerja melalui empat prespektif dalam Balanced Scorecard adalah Employee Turnover dan Training (perspektif pembelajaran dan pertumbuhan), Occupancy Rate (perspektif proses bisnis internal), Customer Complaints dan Promotion (perspektif pelanggan), Sales Growth Rate dan Profit Margin (pespektif keuangan). Berdasarkan analisis dari keempat perpektif yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam pengukuran kinerja tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan sebab – akibat dari perpektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pelanggan dengan perspektif keuangan. Dengan kinerja perpektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pelanggan yang baik dapat memberikan peningkatan keuntungan pada kinerja keuangan hotel sebagai tujuan dari keberhasilan perusahaan. Kata Kunci : Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja, Tolak Ukur.