Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas pada Hotel Halogen

Main Author: Kurniawan, Udjang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24027/1/jiptummpp-gdl-udjangkurn-37999-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24027/2/jiptummpp-gdl-udjangkurn-37999-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24027/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian yaitu 1) Menggambarkan dan menjelaskan sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas pada Hotel Halogen Sidoarjo. 2) Menilai apakah sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas pada Hotel Halogen Sidoarjo sudah efektif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis kualitatif, yaitu analisis data yang digambarkan dalam uraian kata atau kalimat yang membantu dalam mengungkapkan tentang hal-hal yang berhubungan dengan sistem pengendalian intern, terutama mengenai mekanisme penjualan dan penerimaan kas. Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem Informasi Akuntansi terhadap pendapatan pada Hotel Halogen Sidoarjo terbagi menjadi dua yaitu mengenai prosedur penjualan kamar dan prosedur penjualan pada food and beverage. Sistem laporan akuntansi terhadap penerimaan kas pada Hotel dilaksanakan oleh front office cashier, penerimaan kas disini diperoleh dari penjualan kamar dan penjualan food and beverage. Sistem pencatatan di front office pada Hotel Halogen Sidoarjo dilakukan di front office cashier yang digunakan oleh Hotel Halogen Sidoarjo yaitu dengan memakai komputer. Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada Hotel Halogen Sidoarjo terkait dengan sistem informasi akuntansi pendapatan dan penerimaan kas, yaitu meliputi: a) Adanya karyawan hotel yang kurang memperhatikan dan melaksanakan prosedur dan sistem yang telah ditetapkan. b) Adanya sebagian formulir yang kurang lengkap datanya, sehingga menjadikan para tamu hotel tidak mendapatkan jenis serta jumlah makanan dan minuman sesuai pesanan. Hal tersebut dikarenakan laporan food and beverage tidak terdapat keterangan yang lengkap dan jumlah makan dan minuman yang disediakan untuk tamu dan c) Kurang cepatnya informasi yang disampaikan oleh tiap-tiap bagian menyebabkan tamu lama menunggu dalam proses check out maupun check in. Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas