Analisis Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja PERUM Jasa Tirta 1 Kepanjen Malang
Main Author: | Prasetya, Bagus Ari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24023/1/jiptummpp-gdl-bagusaripr-37412-1-pendahul-n%20%281%29.pdf http://eprints.umm.ac.id/24023/2/jiptummpp-gdl-bagusaripr-37412-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24023/ |
Daftar Isi:
- Balance Scorecard mempertimbangkan empat prespektif yaitu : keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, serta proses pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengukuran kinerja PERUM Jasa Tirta 1 kepanjen Malang dengan pendekatan Balance Scorecard dan mengukur kinerja Balance Scorecard PERUM Jasa Tirta 1 Kepanjen Malang tahun 2010-2012 yang digunakan untuk kinerja berkelanjutan. Hasil analisis prespektif keuangan dapat diketahui bahwa perusahaan belum mampu meningkatkan volume penjualan dari aktivitas operasional perusahaan, sehingga mengalami penurunan atas pertumbuhan pendapatan. Hasil analisis prespektif pelanggan dapat diketahui bahwa meskipun secara keseluruhan tingkat prosentase keluhan para konsumen mengalami penurunan namun pada keamanan menunjukkan kenaikan jumlah keluhan untuk setiap tahunnya. Berdasarkan hasil analisi prespektif bisnis internal menunjukkan bahwa semakin efektifnya penggunaan fasilitas yang dimiliki oleh pihak perusahaan. Hasil prespektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan bahwa perusahaan semakin menghargai besarnya pengaruh kualitas sumber daya manusia dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan. Jumlah absensi karyawan selama tahun 2010-2012 terus mengalami kenaikkan dengan adanya kenyataan tersebut secara langsung dapat berpengaruh positif terhadap kegiatan operasional perusahaan