APLIKASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME ( STUDI DI SDN BARENG 2 KECAMATAN KLOJEN KOTA MALANG )
Main Author: | ZUBER, ZUBER |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23946/1/jiptummpp-gdl-zuber20131-40052-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/23946/2/jiptummpp-gdl-zuber20131-40052-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/23946/ |
Daftar Isi:
- Komponen-komponen pendidikan yang menentukan keberhasilan suatu lembaga pendidikan diantaranya adalah kepala sekolah dan guru.Untuk mencapai tujuan suatu lembaga pendidikan dibutuhkan komitmen yang tinggi dari berbagai pihak, diantaranya adalah komitmen kepala sekolah dan guru. Kepala sekolah harus memberi supervisi kepada semua guru agar dapat maksimal dalam melakukan proses belajar mengajar. Guru yang berusaha dengan maksimal dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, akan menghasilkan out put siswa yang baik, dan sebaliknya jika guru tidak maksimal dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, maka output siswa yang dihasilkan akan menjadi tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang aplikasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SDN Bareng 02 kecamatan Klojen kota Malang, dengan fokus penelitian: (1) Bagaimana perencanaan supervisi kepala sekolah, (2) Bagaimana pendekatan dan tehnik supervisi kepala sekolah (3) Bagaimana aplikasi supervisi kepala sekolah. Ketiga fokus tersebut adalah bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif kualitatif, yaitu penjelasan yang bersifat kualitatif. dengan Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara secara mendalam, observasi partisipasif, dan dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan keikutsertaan peneliti, tehnik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode, serta ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala sekolah SD dan guru penddidikan agama Islam. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Program supervisi yang dibuat oleh kepala sekolah terjadwal dalam satu tahun dan kepala sekolah melakukan supervisi kunjungan kelas dua kali dalam satu semester.(2)) Pelaksanaan program supervisi sudah dilaksanakan secara kontinyu, hanya ketika kepala sekolah ada tugas luar , program supervisi yang sudah ditetapkan bersama dapat tertunda.. (3) Teknik supervisi yang dilakukan adalah teknik individual dan kelompok . (4) Kepala sekolah melaksanakan supervisi dengan langkah-langkah pendekatan scientific dan klinik, (5) Aplikasi supervisi kepala sekolah berjalan sesuai dengan rencana dan berdampak positif bagi GPAI dalam kegiatan belajar mengajar. (5)Ada beberapa kendala yang mempengaruhi keberhasilan GPAI yaitu sarana untuk ibadah shalat berjamaah sangat sempit dan dukungan orang tua siswa belum maksimal.