DUALISME KEPEMIMPINAN MUSYAWARAH NASIONAL PARTAI GOLONGAN KARYA DALAM PEMILIHAN KETUA UMUM PERIODE 2014 – 2019 (Analisis Framing pada Media Online Viva.co.id dan Mediaindonesia.com Edisi November 2014 – Desember 2014)

Main Author: WIJAYANTO, GALANG
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/23924/1/jiptummpp-gdl-galangwija-41501-1-cover.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23924/2/jiptummpp-gdl-galangwija-41501-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/23924/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dari banyaknya konstruksi berita yang dilakukan oleh pemilik media di Indonesia. Media massa bukan sekedar sarana yang menampilkan peristiwa politik kepada publik secara apa adanya tetapi tergantung kepada kelompok dan ideology yang mendominasinya. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi calon ketua umum suatu organisasi yang juga memiliki media yang besar, seperti Aburizal Bakrie dan Surya Paloh. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana VIVA.co.id dan Media Indonesia mengkonstruk berita Musyawarah Nasional partai Golkar Dasar penelitian yang digunakan adalah menggunakan analisis framing, yaitu teknik yang digunakan untuk mengetahui bagaimana suatu media membingkai sebuah realitas. Analisis ini untuk mengetahui bagaimana perspektif atau cara pandang yang digunakan oleh wartawan ketika menseleksi isu dan menulis berita. Zhongdan Pan & Gerald M. Kosicky dipilih karena mengadaptasi pendekatan linguistik dengan memasukkan elemen seperti pemakaian kata, menulis struktur, dan bentuk kalimat yang mengarahkan bagaimana pembingkaian dilakukan. Metode penelitian dilakukan dengan menetapkan unit analisis yang dilakukan dengan cara mendokumentasikan berita musyawarah nasional periode November 2014 – Desember 2014. Untuk kriteria unit analisis memenuhi syarat berita yang mengandung 5W+1H dan berita tersebut membahas isu yang sama agar data yang diterima dapat lebih spesifik. Berita-berita yang akan diteliti adalah berita Musyawarah Nasional yang dimuat dengan topik pemberitaan yang sama yaitu pada tanggal 8 Desember 2014, November 2014, 25 November 2014, 30 November 2014, dan 2 Desember 2014. Hasil dari analisis dan penelitian yang penulis peroleh adalah dapat disimpulkan bahwa media VIVA.co.id mengkonstruksi pemberitaannya berpihak kepada Aburizal Bakrie dan Partai Golkar sendiri. Sedangkan MEDIAINDONESIA.com lebih cenderung kontra terhadap berita VIVA.co.id. Keberpihakan tersebut dapat disimpulkan dari penonjolan perangkat framing yang diiterpretasi pada masing-masing media. Keberpihakan VIVA.co.id dapat disimpulkan dari interpretasi konstruksi sintaksis. Sementara keberpihakan MEDIAINDONESIA.com dapat diketahui dari interpretasi konstruksi retoris.