INTERNALISASI NILAI- NILAI KEISLAMAN MELALUI PEMBIASAAN PRAKTIK IBADAH PADA SISWA DI SMP ISLAM PAKIS KAB MALANG
Main Author: | AMIN, BUKHORI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/23917/1/jiptummpp-gdl-bukhoriami-41551-1-judulsk-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/23917/2/jiptummpp-gdl-bukhoriami-41551-2-babisk-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/23917/ |
Daftar Isi:
- Pembiasaan dalam praktek keagamaan mempunyai manfaat yang besar guna menanamkan suatu nilai pada pesertadidik. Suatu tindakan yang di lakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama akan membekas pada diri seseorang dan menjadi kepribadian tertentu. Nilai-nilai keislaman mampu ditanamkan pada peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk .Mengetahui proses pembiasaan praktek keagamaan di SMP Islam. Guna menginternalisasikan nilai-nilai keislaman pada siswa, untuk mengetahui keberhasilan metode pembiasaan yang diterapkan, dan Untuk mengetahui factor pendukung maupun penghambat di terapkannya pembiasaan praktik keagamaan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu data yang disajikan berupa kata-kata / gambaran –gambaran dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, sebagai metode pengumpulan data. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa di SMP Islam kab Malang, di berlakukan pembiasaan sholat dhuha, sholat dhuhur, doa bersama sebelum dan sesudah belajar, bertegur sapa, dan pembiasaan untuk hidup bersih dengan selalu membuang sampah pada tempatnya. Penerapan pembiasaan tersebukti dan takterlepas dari beberapa factor pendukung yaitu :fasilitas ibadah, adanya kartu monitoring sholat dhuha dan dhuhur, dan peran aktif guru-guru. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah: kurangnya minat siswa untuk melaksanakan sholat, dikarnakan latar belakang keluarga yang kurang agamis.